Gus Halim: Semua Pembangunan Harus Sesuai Mazhab

Gus Halim: Semua Pembangunan Harus Sesuai Mazhab
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mencanangkan Panca-Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM). Foto dok. Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mencanangkan Panca-Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM).

Lima aksi tersebut memiliki keterkaitan erat dengan budaya desa maupun kebijakan pembangunan yang mengarah pada kemandirian desa.

"Semua pembangunan yang dilakukan harus sesuai dengan mazhab pembangunan pada level desa dengan pendekatan mikro," kata Gus Halim, sapaan akrabnya pada Peringatan Hari Keswadayaan Masyarakat dengan tema Keswadayaan Masyarakat untuk Kemandirian Desa di Oproom Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa (29/8).

Menurut Gus Halim, hal ini menjadi sangat efektif dan bisa dilakukan siapa pun pemimpin negeri ini.

Dengan demikian proses pembangunan yang dicanangkan Presiden Jokowi membangun dari pinggiran akan berjalan sampai kapan pun

Panca-Aksi PSM yang pertama adalah masuk dan aktif pada forum komunikasi PSM nusantara. Kedua meningkatkan literasi warga terhadap capaian-capaian pembangunan dan SDGs Desa.

Ketiga, bergotong royong membuka peluang usaha dan peluang kerja baru. Keempat fokus menggerakkan solidaritas warga untuk mengurangi kemiskinan. Kelima adalah bersama-sama menjaga kerukunan warga.

Gus Halim menjelaskan bahwa lima poin yang telah dicanangkan itu harus dijalankan dan tidak boleh sedikit pun diabaikan.

Mendes PDTT Gus Halim menegaskan semua pembangunan harus sesuai mazhab pembangunan pada level desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News