Gus Jazil Dorong Kades Kembangkan Potensi Alam di Pulau Bawean

Gus Jazil Dorong Kades Kembangkan Potensi Alam di Pulau Bawean
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid saat silaturahmi dengan Kades se-Pulau Bawean di Pantai Mombhul, Bawean, Gresik, Jawa Timur, Kamis (24/3). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, GRESIK - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengajak seluruh kepala desa (Kades) se-Pulau Bawean, Gresik, untuk mengembangkan potensi alam di lingkungan masing-masing.

Selama ini, banyak masyarakat Bawean yang memilih merantau karena tidak bisa mengoptimalkan potensi alam atau kekuatan di Bawean.

''Untuk mengubah keadaan, harus dimulai dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Orang Bawean harus dibuat pintar untuk bisa mengelola sumber daya,” ujar Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid.

Hal ini dikatakannya saat Silaturahmi dengan Kades se-Pulau Bawean di Pantai Mombhul, Bawean, Gresik, Jawa Timur, Kamis (24/3).

Anggota Komisi III DPR RI ini mengatakan, untuk bisa meningkatkan taraf hidup, masyarakat harus bertumpu pada kekuatan atau potensi Bawean.

”Kami hidup di kanan kiri ikan, tetapi enggak ada tradisi nelayan. Nelayan kami tradisional semua. Potensi laut kami justru diambil nelayan-nelayan dari luar daerah seperti Lamongan, Tuban, yang kalau pergi mencari ikan bisa 15 hari baru pulang. Nelayan kami 5 jam sudah pulang,” tutur putra asli Pulau Bawean ini.

Keindahan wisata laut Bawean luar biasa. Pantainya indah, seperti Gili Noko yang pasirnya putih.

”Selama kami belum bisa mengubah mindset (pola pikir) masyarakat agar bisa bertumpu pada potensi Bawean sendiri, tradisi masyarakat merantau,” paparnya.

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil) mendorong Kades untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di Pulau Bawean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News