Gus Jazil: Percepat Distribusi Vaksin Covid-19 ke Daerah

Gus Jazil: Percepat Distribusi Vaksin Covid-19 ke Daerah
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil) saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Gresik, Jawa Timur, Rabu (25/8/2021). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, GRESIK - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mendorong pemerintah mempercepat distribusi vaksin ke berbagai daerah sebagai langkah terbaik dalam menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity guna menghentikan laju penyebaran pandemi Covid-19.

Pemerintah sendiri menargetkan suntikan vaksin Covid-19 sebanyak 50 juta dosis setiap bulan mulai September hingga Desember. Saat ini, Kementerian Kesehatan terus mengupayakan capaian 1,3 juta - 1,4 juta suntikan vaksin per hari.

Namun, kata Gus Jazil -sapaan Jazilul, saat ini di beberapa daerah masih kesulitan untuk mencukupi kebutuhan vaksin bagi warganya. Padahal, antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi.

Di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, misalnya, hingga saat ini vaksinasi Covid-19 baru tercapai sekitar 40 persen lebih.

"Kalau dulu banyak masyarakat yang takut divaksin. Ada yang masih mempertanyakan halal atau haram, apakah vaksin aman dan lain-lain, saat ini kepercayaan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi terus meningkat," kata Gus Jazil.

Hal itu disampaikannya saat meninjau vaksinasi massal bertajuk Vaksinasi PKB untuk Gresik Bangkit yang digelar DPC PKB Gresik bekerja sama dengan Pemkab Gresik di halaman Pondok Pesantren Modern Sunanul Muhtadin, Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Rabu (25/8).

Menurut wakil ketua umum DPP PKB itu, vaksinasi merupakan langkah terbaik untuk menciptakan herd immunity.

"Vaksinasi yang dilakukan oleh Pak Bupati (Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani) dan teman-teman PKB ini menunjukkan bahwa kita ini manusia-manusia yang perlu ikhtiar, dan vaksinasi ini adalah ikhtiar dhohir terbaik,” ucapnya.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan sejumlah daerah masih kekurangan stok vaksin Covid-19, sedangkan warga antusias pengin divaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News