Gus Mis Sebut Salah Satu Masjid Tertua di Dunia Ini Ingin Bekerja Sama dengan Istiqlal

Gus Mis Sebut Salah Satu Masjid Tertua di Dunia Ini Ingin Bekerja Sama dengan Istiqlal
Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi menemui Imam Besar Masjid Zaitunah Syekh Hisyam bin Mahmud pada Minggu (10/7). Foto: KBRI Tunis

jpnn.com, TUNIS - Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengatakan bahwa Masjid Zaitunah menginginkan adanya kerja sama dengan Masjid Istiqlal.

Pria yang akrab disapa Gus Mis itu mengatakan hal itu setelah menemui Imam Besar Masjid Zaitunah Syekh Hisyam bin Mahmud pada Minggu (10/7).

"Ada keinginan dari para ulama di Tunisia, khususnya Imam Besar Masjid Zaitunah, untuk membangun kerja sama dengan masjid-masjid di Indonesia untuk penguatan moderasi beragama. Saya mengusulkan kepada Imam Besar agar ada kerja sama antara Masjid Zaitunah dan Masjid Istiqlal, Jakarta. Sebab kedua Masjid merupakan simbol kedua negara," kata dia dalam siaran pers, Senin (11/7).

Cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU) itu menerangkan dirinya bersilaturahmi dengan imam besar salah satu masjid tertua di dunia itu.

Gus Mis bahkan merasa senang diterima di ruangan imam masjid Zaitunah yang sangat bersejarah itu.

"Karena masjid ini sudah berusia lebih dari 13 abad, salah satu masjid tertua di dunia. Masjid Zaitunah telah melahirkan sosok ulama besar, di antaranya Ibnu Khaldun, Ibnu Arafah, Hudhair Husein, Muhammad Thahir bin 'Asyur, dan lain-lain. Sebelumnya, Imam Besar Masjid meminta ingin berbincang-bincang bersama saya, yang disebutnya sebagai sahabat," kata dia.

Dubes RI lulusan Universitas al-Azhar, Kairo Mesir itu menerangkan Masjid Zaitunah yang berada di Kota Tunis itu merupakan salah satu rumah Allah SWT yang bersejarah di dunia Islam.

Tempat ibadah itu pula yang menginspirasi beberapa masjid di dunia Islam, antara lain al-Azhar Mesir, al-Qarawiyyin Maroko, dan al-Jazair. Masjid al-Zaitunah kemudian menjadi Universitas al-Zaitunah, kampus sebagian besar mahasiswa Indonesia di Tunisia.

Imam Besar Masjid Zaitunah ingin membangun kerja sama dengan masjid-masjid di Indonesia untuk penguatan moderasi beragama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News