Gus Muhdlor Beberkan Trik untuk Tekan Pengangguran Lulusan SMK di Sidoarjo

Gus Muhdlor Beberkan Trik untuk Tekan Pengangguran Lulusan SMK di Sidoarjo
Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) mengaku optimistis lulusan SMK tidak akan lagi menjadi penyumbang TPT di Kabupaten Sidoarjo. Foto: dok Pemkab Sidoarjo

jpnn.com, SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo berhasil menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang didominasi lulusan SMK.

Merujuk data BPS tahun 2020, TPT lulusan SMK sebanyak 15 persen. Angka tersebut menurun pada 2021 menjadi 10,86 persen. Bahkan terjadi penurunan cukup drastis pada 2022 menjadi 5,72 persen.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor mengaku optimistis lulusan SMK tidak akan lagi menjadi penyumbang TPT di Kabupaten Sidoarjo.

Gus Muhdlor, sapaan akrabnya, mengatakan akan terus melakukan sejumlah upaya agar bisa menekan TPT di wilayahnya.

Salah satunya ialah pihaknya mendorong perusahaan melakukan kerja sama dengan sekolah kejuruan menuntaskan permasalahan tersebut.

Semisalnya melakukan kegiatan job matching Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK. Pelaku usaha dipertemukan dengan pencari kerja.

Ratusan lowongan pekerjaaan disediakan. Perusahaan dapat menemukan calon pekerja sesuai kualifikasi yang diinginkan.

Para pencari kerja juga dapat menemukan posisi yang sesuai dengan keahliannya.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) mengaku optimistis lulusan SMK tidak akan lagi menjadi penyumbang TPT di Kabupaten Sidoarjo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News