Gus Yahya Ungkap Hubungan Sebenarnya Gus Dur dan Megawati, Seru

Gus Yahya Ungkap Hubungan Sebenarnya Gus Dur dan Megawati, Seru
Dokumentasi - Ketua Umum PBNU Kiai Yahya Cholil Staquf (duduk tengah). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengungkap hubungan sebenarnya almarhum Gus Dur dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Gus Yahya, hubungan Presiden ke-4 RI dan presiden ke-5 RI, penuh dinamika, layaknya kakak beradik.

Gus Yahya mengatakan hal itu dalam serial Inspirasi Ramadan 2022 bertajuk 'Inspirasi Keteladanan Gus Dur' yang ditayangkan melalui akun YouTube BKN PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (5/4).

Gus Yahya menyatakan pandangannya meluruskan anggapan di media sosial seolah-olah Gus Dur dan Megawati terus menerus berkonflik dan berbeda pendapat.

"Gus Dur kenal dengan bu Mega sudah sejak lama, seperti kakak adik hubungannya, sudah puluhan tahun saling mengenal."

"Ada banyak hal yang beliau berdua berbagi, artinya pemikiran yang sama di antara beliau berdua, tetapi mungkin saja dalam politik praktis ada gesekan-gesekan, itu sangat wajar," ujar Gus Yahya dalam siaran persnya.

Gus Yahya juga menceritakan hubungan antara Gus Dur dengan Presiden ke-2 RI Soeharto.

Menurutnya, hubungan keduanya cukup dekat, tetapi jelas ada banyak hal Gus Dur berbeda dengan Soeharto.

"Dalam perjalanan politiknya ada momentum yang terlihat Gus Dur bersebarangan dengan Bu Mega, itu wajar saja, karena memang politik kan seperti itu."

"Politik itu muamalah dan di dalam wacana fiqih itu seperti orang lain yang tidak ada hubungan sama sekali."

"Seperti contoh transaksi dagang dengan saudara kandung dalam fiqih pun harus dilakukan secara objektif dan itu sama halnya seperti politik," kata Gus Yahya.

Gus Dur dan Megawati dinilai sebagai ikon perlawanan terhadap rezim Orde Baru yang banyak berbagi terkait nilai-nilai dasar kebangsaan dan kemanusiaan.

Momen-momen di mana digambarkan terjadi gesekan antara keduanya merupakan hal yang wajar dalam politik.

Oleh Yahya, Gus Dur dianggap sebagai sosok pejuang kemanusiaan yang tidak hanya memperjuangkan kelompok Islam, melainkan seluruh lapisan masyarakat.

Ihwal keteladanan Gus Dur, Gus Yahya menceritakan pengalamannya saat mendampingi Gus Dur sebagai juru bicara kepresidenan saat Gus Dur menjabat Presiden Republik Indonesia.

Menurutnya, Gus Dur adalah seorang tokoh intelektual besar yang dibentuk oleh keluasan pengetahuan dan pengalaman hidup.

Gus Yahya mengungkap hubungan sebenarnya Gus Dur dengan Megawati Soekarnoputri, seru.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News