Gus Yaqut Beber 3 Cara untuk Antisipasi Pelemahan Rupiah

Gus Yaqut Beber 3 Cara untuk Antisipasi Pelemahan Rupiah
Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto: GP Ansor

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi rencana pemerintah yang akan mengambil sejumlah langkah untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah.

"Pemerintah harus memberi perhatian ekstra terhadap terpuruknya rupiah dan segera mengambil langkah-langkah penanganannya secara tepat, mencari solusi yang benar-benar solutif,” kata Yaqut, Kamis (6/9).

Pria yang karib disapa Gus Yaqut itu menilai ada tiga hal yang harus menjadi landasan pemerintah dalam mencari solusi atas krisis ini.

Pertama, industrializing industry, yakni industri yang melahirkan industri lagi seperti membuat mesin da  teknologi informasi.

Artinya, jangan hanya fokus pada industri yang membuat produk habis pakai.

Kedua, export promotion. Hal ini berarti industri-industri unggulan dan produk-produk andalan harus menjadi prioritas untuk diekspor.

“Bahkan dilakukan promosi besar-besar terhadap produk yang laku dan layak dijual di luar negeri,” imbuh Gus Yaqut.

Yang ketiga, lanjut Gus Yaqut, adalah import substitution. Pemerintah harus memetakan produk impor yang bisa disubtitusi dan yang tidak dengan melihat kapasitas industri.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi rencana pemerintah yang akan mengambil sejumlah langkah untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News