Gus Yaqut: Cuma PKB yang Serius Mengatasi Terorisme

Gus Yaqut: Cuma PKB yang Serius Mengatasi Terorisme
Ketua Umum GP Ansor H Yaqut Cholil Quomas bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Jakarta. Foto: ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum GP Ansor H Yaqut Cholil Quomas menilai, dari sekian partai politik yang eksis di Indonesia, hanya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang serius menangani persoalan terorisme. Sementara partai lain, hanya membahas aspek politiknya saja.

“Yang lain ngomong soal politiknya saja. Ansor memang tidak ada urusan dengan politik. Tapi dari sekian parpol yang memberi pernyataan soal terorisme itu, hanya PKB yang serius mencari akar persoalan dan cara penyelesaiannya,” kata Gus Yaqut usai bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB Jakarta, pada Selasa (15/5).

Atas alasan itu pula, Gus Yaqut menggiring ormas yang dibawahinya menuju PKB. Sebab, persoalan terorisme juga menjadi perhatian utama GP Ansor saat ini.

“Alasan kami ke PKB karena kami yakin apa yang kami kaji ini bisa dieksekusi di partai politik. Dan Alhamdulillah dapat respon positif dari PKB,” ujarnya.

Sementara Muhaimin alias Cak Imin menyatakan senada dengan misi GP Ansor. Dari pertemuan keduanya, melahirkan beberapa rekomendasi yang akan diperjuangkan PKB terkait terorisme dan radikalisme di Indonesia.

“Saya bersama Ketum Ansor melakukan koordinasi tentang langkah-langkah yang akan kami lakukan untuk memberantas terorisme. Hasil pertemuan ini melahirkan beberapa rekomendasi dan masukan yang akan kami perjuangkan,” terang Cak Imin kepada awak media.

Secara garis besar, rekomendasi tersebut berisi tiga poin. Yaitu langkah preventif (pencegahan), pemetaan (mitigas), dan post radikal (tindak lanjut).

“Soal pencegahan, pemerintah dan semua elemen harus bersama-sama membersihkan benih-benih intoleransi. Mulai dari masjid, kementerian atau instansi, maupun kampus-kampus. Karena faham intoleransi menjadi akar dari terorisme,” ungkapnya. (dil/jpnn)


Ketua Umum GP Ansor H Yaqut Cholil Quomas menilai, dari sekian partai politik yang eksis di Indonesia, hanya PKB yang serius menangani persoalan terorisme


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News