Gus Yaqut Imbau Kader Ansor dan Banser Junjung Tinggi Budaya Papua

Gus Yaqut Imbau Kader Ansor dan Banser Junjung Tinggi Budaya Papua
Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat membuka acara Konferwil I PW GP Ansor Papua di Jayapura, Sabtu (14/3). Foto: Ansor

jpnn.com, PAPUA - Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas meminta segenap pengurus dan kader di Papua menjunjung tinggi dan menghormati, budaya, dan adat istiadat.

"Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa ini harus dilaksanakan seluruh kader Ansor dan Banser di bumi Papua,” kata dia dalam Konferensi Wilayah I PW GP Ansor Papua, di Hotel Grand Abe, Abepura, Jayapura, Papua, Sabtu (14/3).

Dia juga meminta kader Ansor dan Banser untuk selalu mengedepankan dialog ketika ada masalah.

Menurut pria yang karib disapa Gus Yaqut itu, menjunjung tinggi budaya setempat termasuk di dalam empat karakter pemuda yang harus dipegang teguh kader Ansor dan Banser.

Empat karakter tersebut adalah kepemudaan, kerakyatan, keislaman, dan keindonesiaan.

"Karakter kepemudaan itu artinya kader Ansor dan Banser harus terus memiliki jiwa muda, semangat yang menyala, selalu optimistis,” imbuhnya.

Sementara itu, karakter kerakyatan itu menuntut kader senantiasa dekat dengan rakyat, bermanfaat bagi masyarakat sekitar, berjiwa penolong tanpa membeda-bedakan latar belakang.

"Jangan jauh dari kehendak rakyat. Contohlah almarhum Gus Dur. Gus Dur itu sangat mendengar suara rakyat. Contohnya Papua. Beliaulah yang memberikan nama Papua,” imbuh Gus Yaqut.

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas meminta segenap pengurus dan kader di Papua menjunjung tinggi dan menghormati, budaya, dan adat istiadat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News