Guyub, Bernostalgia, Diaspora Banyuwangi Sedunia Galang Kontribusi Buat Daerah

Guyub, Bernostalgia, Diaspora Banyuwangi Sedunia Galang Kontribusi Buat Daerah
Diaspora Banyuwangi menggelar halalbihalal di Pendopo Sabha Swagata. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Ribuan masyarakat Banyuwangi yang tinggal di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, kumpul dan guyub meramaikan acara diaspora Banyuwangi sedunia yang digelar Pemkab Banyuwangi, Selasa (27/6).

Acara yang rutin digelar tiap tahun itu pun meriah. Mereka bersilaturahmi, sekaligus bernostalgia di Pendopo Sabha Swagata.

"Acara ini kami desain untuk semakin menguatkan cinta kepada Banyuwangi. Di sini mereka saling bersapa, memunculkan kembali kenangan masa kecilnya. Memori itu kami gali kembali, dan insyaallah bisa semakin menumbuhkan cinta pada daerah. Kalau sudah cinta, otomatis tergerak untuk bantu mengembangkannya," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Menurut Anas, momen ini bisa menjadi tempat menggalang solidaritas membangun daerah dan bertukar informasi. "Semua bisa membangun jejaring untuk bersama-sama mengembangkan daerah. Yang sudah sukses jadi pengusaha di Jakarta, misalnya, bisa bermitra dengan UMKM di Banyuwangi. Bukan semata-mata bisnis, tapi tergerak oleh cinta daerah," ujarnya.

Dalam acara itu disediakan beragam kuliner lokal secara gratis. Berbagai makanan khas Banyuwangi disajikan, mulai pecel pitik, rujak soto, nasi cawuk, lontong sayur, hingga sayur kelor sambal sereh. Sejumlah atraksi seni dan budaya setempat juga ditampilkan.

”Semoga ini bisa mengobati kerinduan para perantau yang kembali mudik di Banyuwangi. Diaspora ini bukan hanya warga yang lahir di Banyuwangi, tapi mereka yang tinggal di berbagai daerah tapi cinta Banyuwangi,” kata Anas.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurut Arief, Banyuwangi kini sudah cukup berkembang. "Saya gembira dengan perkembangan yang ada. Tentu masih ada kekurangan, itu pasti. Nah itu ayo diperbaiki dan dibantu bersama-sama," ujar Arief yang lahir dan menghabiskan masa kecil hingga remaja di Banyuwangi.

Diaspora lain yang hadir adalah Dody yang kini tinggal di Nagoya, Jepang. Dia akan mengajak beberapa warga Banyuwangi di Jepang untuk memikirkan kontribusi bagi daerahnya.

Ribuan masyarakat Banyuwangi yang tinggal di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, kumpul dan guyub meramaikan acara diaspora Banyuwangi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News