Sabtu, 15 Desember 2018 – 10:30 WIB

Ini Loh Keistimewaan Wisata Desa Adat Kamiren yang Dikunjungi Menpar

Selasa, 27 Juni 2017 – 13:00 WIB
Ini Loh Keistimewaan Wisata Desa Adat Kamiren yang Dikunjungi Menpar - JPNN.COM

Menpar Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Bila Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi dan berminat melihat kebudayaan lokal nusantara yang beragam.

Anda bisa memulainya dari Desa Adat Kemiren. Tempat ini menyajikan nuansa budaya lokal yang khas dan cocok untuk liburan akhir pekan.??

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, Desa tersebut adalah tempat tinggal masyarakat suku Using yang berada di kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Memasuki kawasan ini akan menimbulkan sensasi yang berbeda.

Anda akan langsung menemukan rumah adat bergaya Using dengan pintu kayu dan hiasan kepala burung Bouraq.

”Daya tarik-daya tarik wisata ini layak disinggahi saat mengunjungi Desa Adat Kemiren Banyuwangi,” kata Bram-sapaan akrab MY Bramuda-berpromosi.

??Menteri Pariwisata Arief Yahya mudik Lebaran tahun ini pun menyempatkan diri menyaksikan Parade Barong Ider Bumi, tradisi adat yang warga desa Kemiren yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Syawal atau hari kedua Hari Raya Idul Fitri ini banyak menyedot perhatian dan minat wisatawan.?

Barong Ider Bumi kemiren tepatnya adalah upacara adat yg telah dilaksanakan oleh leluhur masyarakat Suku Using Kemiren, dimana tujuan ritual ini adalah sebagai media tolak balak, melindungi kampung dari segala hal yang negatif, hama tanaman, wabah penyakit dan Serakat yang ada di Kemiren.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar