H-20, Harga Bahan Pokok di Pasar Relatif Stabil

H-20, Harga Bahan Pokok di Pasar Relatif Stabil
H-20, Harga Bahan Pokok di Pasar Relatif Stabil

jpnn.com - JAKARTA – Memasuki minggu kedua bulan puasa atau H-20 Lebaran, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan pemantauan langsung harga dan pasokan barang kebutuhan pokok pangan di Pasar Tradisional Klender, Jakarta Timur, Selasa (8/7).

"Kunjungan hari ini merupakan rangkaian dari program pemerintah untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat, khususnya bulan puasa dan Lebaran," ujar Lutfi.

Dalam kunjungannya kali ini, Lutfi ingin mendapatkan fakta langsung tentang perkembangan harga seluruh bahan barang kebutuhan pokok masyarakat pada minggu ke-2 di bulan puasa.

Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Tradisional Klender per 8 Juli 2014 dibandingkan Jumat lalu, 4 Juli 2014, harga barang kebutuhan pokok masih terpantau stabil.

"Khusus untuk harga komoditas pangan segar hortikultura yang pada Lebaran tahun lalu mengalami kenaikan signifikan, saat ini justru cenderung stabil karena banyaknya pasokan dari sentra produksi," terang dia.

Beberapa komoditas seperti cabe merah keriting, cabe merah besar, dan cabe rawit merah harganya berkisar antara Rp 15 - Rp 20 ribu per kg. Sedangkan harga bawang merah dan bawang putih juga terpantau stabil, masing-masing sebesar Rp 25 per kg dan Rp 20 ribu per kg.

Demikian pula untuk komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras harganya terpantau relatif stabil.

"Meskipun harga kebutuhan relatif stabil, namun perlu terus diwaspadai seiring dengan kenaikan permintaan masyarakat yang cukup signifikan terutama menjelang Lebaran nanti. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi kenaikan harga barang kebutuhan pokok, namun diharapkan kenaikan harga masih dalam batas normal, karena ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok dipastikan aman hingga lebaran," seru Luthfi.

JAKARTA – Memasuki minggu kedua bulan puasa atau H-20 Lebaran, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan pemantauan langsung harga dan pasokan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News