H-4 Natal, Lebih dari 15.844 Kendaraan Tinggalkan Jawa Menuju Bali

H-4 Natal, Lebih dari 15.844 Kendaraan Tinggalkan Jawa Menuju Bali
Suasana pelabuhan lintasan Ketapang - Gilimanuk. Foto dok humas ASDP

jpnn.com, KETAPANG - Trafik kendaraan dan penumpang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali terpantau ramai lancar yang didominasi mobil pribadi. 

Tercatat, jumlah penumpang pada Sabtu pagi (H-5) hingga Minggu (H-4) pagi sebanyak 44.260 orang yang telah menyeberang ke Gilimanuk, Bali. 

Jumlah ini naik 39 persen bila dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 31.904 orang.

"Pelabuhan Ketapang menjadi pintu masuk dari pulau Jawa yang akan menuju ke Pulau Bali. Jalur ini cukup ramai menjelang libur akhir tahun. Puncak arus keberangkatan di lintasan Ketapang-Gilimanuk diprediksikan pada Minggu (22/12) hingga Senin (23/12) besok atau H-2. Dilaporkan, kondisi Minggu sore ini kendaraan yang menyeberang cukup ramai, didominasi mobil pribadi," tutur Imelda.

Data harian Posko mencatat pada H-4 trafik mobil pribadi saja telah menyeberang sebanyak 3.716 unit atau naik 16 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 3.196 unit. 

Bahkan, dari Jumat (H-6) pagi hingga Minggu (H-4) pagi jumlah penumpang yang menyeberang dari Ketapang ke Gilimanuk sebanyak 101.741 orang, diikuti jumlah kendaraan roda 4 keatas/lebih mencapai 15.844 unit yang telah meninggalkan pulau Jawa menuju Bali.

Tidak hanya mobil pribadi, trafik bus yang menyeberang dari Jawa ke Bali juga mengalami peningkatan. Pada H-4 tercatat 792 unit bus telah menyeberang, atau naik 73 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 458 unit.

"Saat ini arus berangkat libur Natal dan Tahun Baru di lintasan Ketapang-Gilimanuk menunjukkan peningkatan. Diperkirakan, banyak masyarakat yang akan berlibur di Pulau Bali jelang libur akhir tahun. Namun demikian, situasi operasional dan pelayanan tetap lancar, aman dan terkendali," tandas Imelda.(chi/jpnn)

Pelabuhan Ketapang menjadi pintu masuk dari pulau Jawa yang akan menuju ke Pulau Bali. Jalur ini cukup ramai menjelang libur akhir tahun.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News