H-5, Arus Mudik dari Pejagan Hingga Batang Masih Lancar

H-5, Arus Mudik dari Pejagan Hingga Batang Masih Lancar
Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin di tol fungsional Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (10/6). Foto: Humas Korlantas Polri

jpnn.com, PEMALANG - Korlantas Polri mencatat sejauh ini arus lalu lintas pemudik ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur masih dalam kondisi lancar. Berdasar pantauan Bagian Operasi Korlantas Polri hingga Minggu (10/6) pukul 16.17, arus lalu lintas dari Tol Cipali yang menyambung ke tol fungsional Pejagan - Pemalang hingga Simpang Gandulan, Bantang dalam kondisi lancar.

“Volume kendaraan yang memasuki tol sangat lengang,” kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin usai memantau arus sepanjang Cipali hingga Batang.

Dia menuturkan, Simpang Gandulan merupakan akhir dari keluar tol operasional Pejagan - Pemalang. Di Simpang Gandulan pula ada transaksi pembayaran tol.

Namun, pemudik yang keluar di Gandulan bisa masuk lagi ke tol fungsional yang mengarah ke Batang hingga Semarang. "Jadi pemudik dapat melanjutkan (perjalanan via tol, red),” sambung dia.

Perwira menengah Polri itu menambahkan, kecepatan kendaraan yang melewati tol operasional cukup tinggi. “Artinya arus mudik cukup lancar,” tegas dia.

Sementara kondisi jalan tol fungsional tetap rapi dan teratur sehingga sudah layak untuk dilalui pemudik. "Kepadatan terjadi hanya di Kertasari (Kabupaten Tegal, red) karena pembayaran tol operasional. Apabila ekor di gerbang Kertasari mencapai tiga kilometer maka akan digratiskan,” tambah dia.

Kepadatan lainnya ada di Gringsing, Batang karena Jembatan Kalikuto belum bisa dilalui. Karena itu, pengguna kendaraan roda empat diarahkan keluar sebelum Jembatan Kalikuto. “Kemudian akan dimasukkan kembali setelah Kalikuto," imbuhnya.

Benyamin juga meminta pemudik agar mengatur kecepatan kendaraan karena jalan tol masih fungsional dan rambu-rambu lalu lintas terbatas. “Apabila ingin beristirahat masyarakat dapat memanfaatkan rest area yang ada di tol fungsional Pemalang-Batang," ujarnya menyarankan.(mg1/jpnn)


Kabagops Korlantas Polri Kombes Benyamin mengatakan, Kepadatan terjadi hanya di Kertasari, Kabupaten Tegal karena pembayaran tol operasional.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News