Kapolri Pastikan Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar

Kapolri Pastikan Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar
Jalur Tol Pemalang - Kabupaten Pekalongan - Batang sudah bisa digunakan bagi pemudik dari arah Jakarta menuju Semarang. Foto: TRIYONO/RADAR PEKALONGAN

jpnn.com, TEGAL - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjamin arus mudik pada tahun ini akan lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya. ‎Menurutnya, sejumlah titik kemacetan di sepanjang jalur mudik dari Jakarta hingga Jawa Tengah sudah diantisipasi.

"Arus mudik pada tahun ini secara umum lebih baik, relatif‎ aman. Pemerintah menjamin lancar," kata Tito saat meninjau gate tol darurat tol fungsional Brebes-Semarang di Kertasari, Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Minggu (10/6).

Tito menyebutkan, dari wilayah Jawa Barat hingga Jawa Tengah‎ ada enam titik kemacetan yang sudah diantisipasi. Titik macet di wilayah Jawa Barat antara lain di Bekasi karena ada pengerjaan proyek jalan tol elevated, serta rest area.

Sementara empat titik sisanya berada di wilayah Jawa Tengah, yakni di gate tol darurat Kertasari, jembatan Kalikuto Gringsing, Batang, pintu keluar tol Krapyak, Semarang dan di Salatiga. "Dari Jawa Barat sampai Jawa Tengah ada enam titik kemacetan tapi bisa dikelola," ujarnya.

Untuk potensi kemacetan di Kertasari, kata Tito, sudah diantisipasi dengan langkah pengalihan arus lalu lintas. Selain itu, transaksi di gerbang tol Kertasari akan digratiskan jika kemacetan sudah mencapai tiga kilometer.

"Di Kalikuto ada posko bersama untuk mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat, di Krapyak dengan penambahan anggota. Di Salatiga juga sudah dikelola," ujar Tito.

Selain Tito, sejumlah pejabat tinggi juga ikut meninjau arus mudik. Antara lain Ketua DPR Bambang Soesatyo, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjajanto.

Puan mengatakan, pemerintah berupaya memastikan arus mudik dari Jakarta hingga Jawa Timur lancar dan aman. "Kami ingin memastikan dan meyakinkan masyarakat insyaallah pemerintah sudah melakukan antisipsi-antipasi agar arus mudik bisa berjalan lancar," ujarnya.(far/zul/jpg)


Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, sejumlah titik kemacetan di sepanjang jalur mudik dari Jakarta hingga Jawa Tengah sudah diantisipasi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News