H-6, Jumlah Pemudik Lewati Tol Cikarut Naik Signifikan

H-6, Jumlah Pemudik Lewati Tol Cikarut Naik Signifikan
Seorang anggota kepolisian mengatur lalu lintas di dekat Gerbang Tol Cikarang Utama. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah pemudik pada Kamis (30/5) mengalami kenaikan signifikan. Hal ini ditandai dengan jumlah pemudik di Cikarut yang terpantau padat.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan video conference dengan posko Angkutan Lebaran di beberapa daerah, Kamis sore (30/5).

“Kami mengevaluasi apa yang kami lakukan hari ini, dari pantauan kami hari ini memang ada kenaikan jumlah pemudik dan bahkan pemudik itu berangkat lebih awal. Ditandai dengan satu jumlah pemudik yang ada di Cikarut,” ujar Budi.

Dari laporan pada H-6 ini kecenderungan jumlah pemudik naik. Menurut dia kenaikannya rata-rata tiap tahun itu 4-7 persen. Ditambah dengan adanya infrastruktur yang bagus seperti jalan tol dari Merak sampai Probolinggo maka minat pemudik itu makin banyak.

“Kami belum bisa memastikan jumlahnya berapa, tapi dengan antusiasme masyarakat yang baru kami perkirakan baru besok puncak mudik, hari ini sudah mencapai puncak,” sebutnya.

Mantan dirut AP II ini menilai tahun ini kepadatan jalur mudik relatif rata karena waktu mudik yang relatif panjang dari 30 Mei sampai dengan tanggal 4 juni 2019.

“Kami harapkan ini bisa berjalan dengan baik dan kepadatan yang rata bukan hanya di tanggal 30 Mei atau 31 Mei saja, tapi rata ke tanggal 1-4 juni, sehingga mereka yang mudik mendapatkan suatu layanan yang baik,” ucap Menhub.

Budi juga berkomentar terkait penerapan kebijakan satu arah (one way). Ia menilai kebijakan ini sangat efektif untuk mengurangi kepadatan arus mudik. Ditambah kebijakan ini juga bersifat dinamis menyesuaikan kondisi kepadatan lalu lintas.

Tahun ini kepadatan jalur mudik relatif rata karena waktu mudik yang relatif panjang dari 30 Mei sampai dengan 4 juni 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News