Habib Aboe Sebut BG Cocok untuk Operasi Senyap

Habib Aboe Sebut BG Cocok untuk Operasi Senyap
Anggota Komisi III DPR, Aboe Bakar Al Habsy. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Aboe Bakar Al Habsy menilai keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Budi Gunawan sebagai calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan langkah tepat. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, presiden sebagai user informasi dari BIN tentu punya pertimbangan matang dalam menunjuk petinggi Polri yang beken dengan inisial BG tersebut.

"Presiden pastilah memiliki alasan yang matang mengganti kepala BIN sebagai upaya untuk penyegaran dalam bagian pertahanan negara," kata Aboe, Jumat (2/9).

Aboe yang duduk di komisi hukum dan keamanan itu pun punya penilaian tersendiri tentang BG. Menurut Aboe, jebolan Akpol 1983 itu punya kemampuan personal dan kapasitas untuk bekerja di bidang intelijen.

Selain itu, BG punya kemampuan dalam melakukan analisis mendalam terhadap persoalan nasional dan merumuskan rencana strategis sehingga menjadi modal penting untuk memimpin BIN.  "Profilnya yang tidak banyak mengumbar statement sudah cocok untuk ditugaskan pada kerja yang perlu silent operation," tegasnya.

Aboe menganggap BG selama ini cukup irit bicara kepada media dan bisa menahan diri dalam memberikan statement. "Tipikal yang seperti ini yang saya kira dibutuhkan BIN ke depan," tegasnya.

Karenanya politikus yang akrab disapa dengan panggilan Habib Aboe itu mengharapkan BG bisa lebih mengoptimalkan fungsi BIN. Salah satunya adalah bekerja secara efektif menggali informasi penting yang bersifat akurat dan rahasia untuk dilaporkan kepada presiden sebagai user.  "Jangan sampai presiden terlambat dalam menerima informasi, apalagi untuk hal yang sifatnya strategis," urainya.

Selain itu sebagai kepala BIN, BG harus mampu menjadi filter, mata dan telinga Presiden Jokowi termasuk keterlibatan BIN dalam melakukan profiling hingga background check bagi calon pejabat negara. "Tentu saja itu semua harus dilakukan dalam rangka kepentingan nasional, yaitu kepentingan bangsa dan negara," pungkasnya.(boy/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Aboe Bakar Al Habsy menilai keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Budi Gunawan sebagai calon kepala Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News