JPNN.com

Hadapi Musim Tanam Awal Tahun, Stok dan Distribusi Pupuk NonSubsidi Ditingkatkan

Selasa, 02 Februari 2021 – 04:06 WIB
Hadapi Musim Tanam Awal Tahun, Stok dan Distribusi Pupuk NonSubsidi Ditingkatkan - JPNN.com
Stok pupuk yang disiapkan PT Pupuk Indonesia. Foto dok humas Pupuk Indonesia

jpnn.com, INDRAMAYU - PT Pupuk Indonesia (Persero) mendorong distributor untuk meningkatkan stok pupuk nonsubsidi di kios-kios.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi tingginya permintaan pupuk dari petani menghadapi musim tanam awal tahun ini.

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal dalam kunjungan kerjanya di wilayah Indramayu mengungkapkan pihaknya telah memerintahkan untuk menambah stok pupuk nonsubsidi di kios-kios.

Terutama di daerah yang serapan kebutuhan pupuknya sangat tinggi serta untuk mengakomodir kebutuhan petani yang tidak terdaftar dalam e-RDKK.

“Karena permintaan jauh lebih tinggi daripada alokasi, dan adanya mekanisme yang mungkin belum bisa diikuti sejumlah petani, tentunya ada keterbatasan dalam hal pemenuhan pupuk subsidi. Kami berharap, melalui pengenalan pupuk nonsubsidi ini petani tetap bisa memenuhi kebutuhannya," kata Gusrizal.

Data Survey Pertanian Antar Sensus BPS mengungkapkan masih terdapat 5,6 juta petani yang belum tergabung dalam kelompok tani dan tidak terdaftar dalam e-RDKK.

“Sesuai Permentan No. 49, kami hanya bisa melayani mereka yang terdaftar dan mengikuti mekanisme yang berlaku," jelas Gusrizal.

Saat ini, stok nasional untuk pupuk non subsidi di lini III atau di gudang kabupaten mencapai 184.594 ton.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...