Hadir di Kebumen International Expo 2023, Pertamina Wadahi UMKM Binaan Perluas Pasar

Hadir di Kebumen International Expo 2023, Pertamina Wadahi UMKM Binaan Perluas Pasar
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina Persero Fajriah Usman melakukan penanaman mangrove di Pantai Jogosimo, pada Senin (19/6). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, KEBUMEN - PT Pertamina (Persero) mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal memperluas pasar melalui ajang pameran dalam negeri maupun internasional.

Hal ini tercermin dari partisipasi 19 UMKM lokal binaan Pertamina dalam Kebumen International Expo (KIE) 2023.

Event tersebut diselenggarakan pada 17-24 Juni 2023 di Alun-alun Kebumen, Jawa Tengah.

KIE merupakan acara tahunan yang ke-2 di Kebumen, untuk mempromosikan produk unggulan pada sektor perdagangan, pariwisata dan investasi (trade, tourism, and investment) di daerah tersebut ke investor dan konsumen dari dalam dan luar negeri.

“Tahun ini, Pertamina melibatkan 19 UMKM terbaik di bidang kerajinan, kuliner dan fashion yang berasal dari Kebumen dan Jawa Tengah yang diharapkan dapat menjangkau pasar lebih luas," kata VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso.

Menurut Fadjar, event ini menjadi ajang yang sangat baik, karena ditargetkan akan dihadiri sekitar 240 ribu orang.

Fadjar mengungkapkan, UMKM binaan Pertamina hadir melalui program kemitraan, serta melalui Pertamina Foundation dalam program Womenpreneur, pemberdayaan pesantren program Santripreneur, serta kelompok disabilitas Kebumen yang tergabung dalam kelompok usaha Mutiara Handycraft.

Bupati Kebumen Arif Sugianto menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina yang telah mendukung pelaku UMKM, sehingga pelaku usaha memiliki akses pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke pasar ekspor.

Pertamina mewadahi UMKM lokal binaannya untuk memperluas pasar dalam negeri maupun internasional dengan hadir di Kebumen International Expo 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News