Hadiri Acara Komunitas Pengusaha Hijab, Anies Janjikan Dukungan Lebih untuk UMKM

Hadiri Acara Komunitas Pengusaha Hijab, Anies Janjikan Dukungan Lebih untuk UMKM
Bacapres Anies Baswedan menutup rangkaian kegiatannya di Bandung Raya dengan menghadiri acara yang dilaksanakan komunitas hijab di Kota Bandung, Minggu (8/10). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Bacapres Anies Baswedan menutup rangkaian kegiatannya di Bandung Raya dengan menghadiri acara yang dilaksanakan komunitas hijab di Kota Bandung, Minggu (8/10).

Bedanya dengan tiga kegiatan Anies sebelumnya, gubernur DKI periode 2017-2022 itu kali ini didampingi istrinya, Fery Farhati.

Di acara bertajuk 'Gathering Hijabprenneur Comunity with Mr. Anies Baswedan' itu Anies berbicara dengan industri usaha dan perdagangan di Indonesia.

Khususnya terkait gagasan bagi masa depan pengusaha mikro di bidang busana muslim dan hijab.

Menurutnya, negara harus terdepan dalam memberikan dukungan untuk industri usaha. Bahkan, BUMN tidak perlu terlibat dalam jenis usaha yang bisa dilakukan oleh pihak swasta.

"Supaya swasta ini bisa makin berkembang, makin banyak. Dan kalau swasta berkembang maka akan menggerakkan prekonomian dengan sangat baik. Satu hal lagi, jika dikelola oleh swasta biasanya cenderung lebih efesien dibandingkan dengan BUMN. Makanya saya lebih mendorong pelaku usaha agar didorong oleh negara," ujar Anies.

Selain itu, Anies juga menyinggung soal peluang pembiayaan perbankan bagi pelaku usaha non formal. Dia menilai regulasi tentang bantuan pembiayaan bagi industri usaha non formal masih sangat sulit.

"Perbankan kita itu hampir regulasinya selalu asumsinya sektor formal. Kalau sektor non formal sulit sekali mendapatkan pembiayaan. Dan banyak sekali usaha mikro belum tentu memiliki formalitas," jelas Anies.

Di acara bertajuk 'Gathering Hijabprenneur Comunity with Mr. Anies Baswedan' itu Anies berbicara dengan industri usaha dan perdagangan di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News