Hadiri Dies Natalis UWKS, Menko PMK Sampaikan Harapan soal Angkatan Kerja Indonesia Emas 2045

Senin, 21 Juni 2021 – 23:58 WIB
Hadiri Dies Natalis UWKS, Menko PMK Sampaikan Harapan soal Angkatan Kerja Indonesia Emas 2045 - JPNN.com
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menghadiri Dies Natalasi ke-40 Kampus UWKS, Senin (21/6). Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghadiri rapat terbuka senat dan upacara diesnatalis ke-40 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Senin (21/6).

Dalam sambutannya Muhadjir mengatakan selama puluhan tahun UWKS sudah memiliki banyak alumni yang handal. Dia berharap kedepannya mampu melahirkan angkatan kerja di masa Indonesia Emas pada 2045.

"Wijaya Kusuma dalam hal itu sudah jelas, disiplin ilmu UWK saya kira pilihan sangat strategis khususnya di sektor kesehatan," ujar dia.

Dalam mempersiapkan tahun 2045, pemerintah saat ini tengah mengintervensi masa seribu pertama kehidupan. Yang saat ini baru lahir, Paud, akan menjadi sumber daya manusia produktif. 

"Kami akan menyisir mulai dari sumber awal kehidupan sampai ke-SMK, perguruan tinggi akan diintervensi," kata dia.

Intervensi itu berupa stunting, pendidikan di usia dini, wajib belajar. Saat ini masyarakat sudah diumdahkan dengan adanya Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

"Itu untuk memastikan dari segi pendidikan kesehatan terjamin, tentu saja dari segi moral, akhlak, dan mental, karena ada program revolusi mental itu," imbuh dia. 

Sementara itu, Rektor UWKS Prof Sri Harmadji mengatakan meski dalam kondisi pandemi, usaha keras seluruh civitas academica mampu meraih berbagai prestasi. Misalnya memajukan mutu perguruan tinggi. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...