Hadiri Forum Pemimpin Agama di Dunia, Prof Yudian Sampaikan Pesan Penuh Makna

Hadiri Forum Pemimpin Agama di Dunia, Prof Yudian Sampaikan Pesan Penuh Makna
Kepala BPIP Yudian Wahyudi (tengah) menghadiri acara Forum Para Pemimpin Agama Dunia atau Forum Religion Twenty (R20) dalam rangkaian G20 di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022. Foto: Humas BPIP

jpnn.com, BALI - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menghadiri acara Forum Para Pemimpin Agama Dunia atau Forum Religion Twenty (R20) dalam rangkaian G20 di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022.

Presiden Jokowi menyambut para pemimpin atau tokoh agama dunia gambaran kemajemukan yang dimiliki Indonesia mulai suku, bahasa, hingga agama yang dipersatukan oleh ideologi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Indonesia adalah negara yang sangat majemuk dalam suku, bahasa, dan agama. Tetapi, kami dipersatukan oleh ideologi negara, yaitu Pancasila. Kami dipersatukan oleh toleransi dan persatuan, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, unity in diversity,” kata Jokowi dalam video sambutan pembukaan R20.

Presiden Jokowi mengatakan tokoh-tokoh agama yang berbeda menjadi bagian utama dalam mempersatukan Indonesia. 

Presiden mengajak para delegasi-delegasi negara yang hadir untuk bertukar gagasan demi meningkatkan kontribusi agama dalam penyelesaian masalah dunia.

“Yang juga sangat penting adalah kami, tokoh agama dari berbagai agama dan berbagai negara harus bekerja sama. Bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang,” tutur Jokowi.

Sementara itu, Yudian Wahyudi mengatakan forum R20 ini harus menjadi momentum penyelesaian permasalahan kemanusiaan di dunia dari perspektif religiusitas.

"Kami tawarkan Pancasila sebagai cerminan dari nilai-nilai Ketuhanan, kemanusiaan, dan keadilan untuk mengedepankan dialog dalam permasalahan global yang terjadi saat ini," ujar Prof. Yudian.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menghadiri Forum Pemimpin Agama di Dunia R20 sekaligus menyampaikan pesan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News