Hadiri Forum U20, Anies Bakal Pamerkan Hasil Kerja Setahun

Hadiri Forum U20, Anies Bakal Pamerkan Hasil Kerja Setahun
Anies Baswedan dan Prabowo. Foto: jawapos

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini bertolak ke Buenos Aires, Argentina. Tujuannya adalah menghadiri forum Urban 20 alias U20.

"Jadi saya akan berangkat ke Buenos Aires, Argentina untuk mengikuti pertemuan U20. Ini adalah inisiatif bagian dari G20 di mana 26 kota besar dari anggota G20 bertemu," ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (26/10).

"Ini adalah pertemuan pertama kali yang dilakukan dalam skala kota-kota besar anggota G20. Pertemuan ini nanti akan berlangsung tanggal 28-30 Oktober. Kemudian nanti saya akan berbicara di sana," tambahnya.

Anies menyampaikan akan berbicara tentang social integration dan social inclusion. Tentunya, berkaitan dengan pengalaman-pengalaman dari kasus Jakarta seperti layaknya kota-kota besar di dunia mengelola integrasi sosial.

"Misalnya tentang pengembangan urban renewal yang kita lakukan di sini. Bagaimana kita menata perkampungan dengan melibatkan semua stakeholder. Itu salah satu contohnya," ungkap Anies.

Selain itu, Anies pun akan menularkan pentingnya pembangunan kualitas manusia pada kota-kota di dunia. Sebab, kemiskinan menurutnya menjadi masalah inti yang perlu diantisipasi.

"Kemiskinan di daerah urban seringkali justru malah terlewatkan. Ini salah satu faktor yang menyebabkan integrasi sosial jauh menjadi lebih sulit karena lokasinya padat, penduduknya itu terkumpul tapi secara sosial ekonomi kesenjangan luas. Ini sesuatu yang menantang," tandasnya.

Sebagai informasi, Urban 20 (U20) adalah inisiatif diplomatik baru, yang diselenggarakan oleh C40 Cities dan UCLG, untuk membantu kota mengembangkan pesan kolektif dan solusi inklusif untuk isu-isu global seperti aksi iklim, masa depan kerja dan integrasi sosial. (rgm/JPC)


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini bertolak ke Buenos Aires, Argentina. Tujuannya adalah menghadiri forum Urban 20 alias U20.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News