Hadiri Kongres Desa Indonesia, Ketua MPR Bambang Soesatyo Ungkap Sejumlah Fakta

Hadiri Kongres Desa Indonesia, Ketua MPR Bambang Soesatyo Ungkap Sejumlah Fakta
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menghadiri Kongres Desa Indonesia di Jakarta, Sabtu (23/3). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan sejumlah fakta saat menghadiri Kongres Desa Indonesia 2024 di Jakarta, Sabtu (23/3).

Dia menyampaikan secara rasio saat ini diperkirakan jumlah penduduk di perkotaan lebih banyak jika dibandingkan jumlah penduduk yang tinggal di pedesaan.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menyebut ada sekitar 52 persen penduduk tinggal di perkotaan.

Kondisi ini salah satunya disebabkan masih belum seimbangnya pembangunan di pedesaan sehingga kota masih menjadi magnet yang penuh daya tarik mendorong laju urbanisasi.

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pada tahun 2035 mendatang, jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan akan meningkat menjadi 66,6 persen.

Bahkan menurut proyeksi Bank Dunia, jumlah penduduk Indonesia yang tinggal di perkotaan akan mencapai 70 persen pada tahun 2045.

"Jika tidak diantisipasi, daya tahan kota akan semakin melemah sehingga tidak mampu lagi untuk menopang perkembangan populasi yang bertumbuh menurut deret ukur. Sementara di sisi lain, kehidupan desa akan semakin tertinggal dalam laju peradaban karena tidak tersentuh oleh pembangunan," kata Bamsoet dalam keterangannya yang diterima, Minggu (24/3).

Menurut Bamsoet, realita tersebut harus menjadi pijakan berfikir mengenai urgensi memprioritaskan pembangunan desa.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan sejumlah fakta saat menghadiri Kongres Desa Indonesia 2024 di Jakarta, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News