Hadiri Perayaan Nitilaku, Menko Airlangga Sebut Sinergi UGM-Korporasi Harus Ditiru Semua Universitas

Hadiri Perayaan Nitilaku, Menko Airlangga Sebut Sinergi UGM-Korporasi Harus Ditiru Semua Universitas
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Instagram Airlangga

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memuji keberhasilan peneliti Universitas Gajah Mada (UGM) menemukan alat uji COVID-19 yang murah, mudah, cepat dan akurat. Alat yang diberi nama Ge-Nose C19 itu dapat mendeteksi COVID-19 hanya dari embusan nafas subjek tes.

Airlangga mengatakan, prestasi tersebut juga membuktikan bahwa institusi-institusi di Yogyakarta bersinergi dengan baik.

"Sinergi 5K (Kampus, Keraton, Kampung, Komunitas, dan Korporasi) telah terbukti mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Inovasi dari kampus dan sinergi antara kampus dan korporasi seperti inilah yang perlu direplikasi oleh seluruh universitas di Indonesia," ujar Airlangga saat berpidato di acara Perayaan Nitilaku Perguruan Kebangsaan UGM tahun 2020 sekaligus peringatan Dies Natalis ke-71 yang dilakukan secara daring, Minggu (13/12).

Peran kampus, ujar dia, tidak hanya menjalankan aktivitas pendidikan, tetapi juga mampu berkontribusi mengupayakan jalan keluar terhadap berbagai tantangan di masyarakat.

Airlangga menyebut alat tes yang dikembangkan peneliti UGM jelas menjawab kebutuhan masyarakat akan uji COVID-19 yang lebih efektif dan cepat.

"Universitas Gadjah Mada terus berkembang, dan keberadaannya mampu membuktikan bahwa institusi ini telah menjadi pionir pada bidang pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat," ujar ketua umum Partai Golkar itu.

Dalam kesempatan itu Airlangga mengucapkan selamat kepada UGM yang tengah merayakan Dies Natalis ke-71.

Dia mendoakan salah satu universitas terbaik Indonesia itu menjadi institusi pendidikan kelas dunia yang tetap berpijak kepada nilai-nilai luhur kebudayaan bangsa.

"Serta memberikan sumbangsihnya pada rakyat dan negara terutama dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memuji keberhasilan peneliti UGM yang bersinergi dengan korporasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News