Golkar Menang Besar di Pilkada 2020, Bang Emrus Sebut Faktor Airlangga Hartarto

Golkar Menang Besar di Pilkada 2020, Bang Emrus Sebut Faktor Airlangga Hartarto
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers Bimbingan Teknis Pilkada Serentak 2020 Jakarta, Sabtu (29/8). Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kemenangan Golkar di 165 pilkada tahun ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah kemahiran Ketua Umum Airlangga Hartarto dalam memilih kandidat.

"Kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang smart dan jeli sehingga mampu menyodorkan sosok kader tertentu yang memiliki daya saing tangguh," ujar pakar komunikasi politik Emrus Sihumbing, Sabtu (12/12).

Menurut dia, Airlangga juga mumpuni melakukan supervisi dan mengevaluasi program kandidat. Sehingga program tersebut cocok diimplementasikan di masing-masing daerah.

Selain itu, Emrus juga melihat variabel pendukung dari kandidat yang diusung Golkar. Antara lain, popularitas, aseptabilitas, kapabilitas dan daya tarik.

Kemudian, kandidat memiliki komunikasi yang persuasif, matang dalam berpolitik, dan diterima masyarakat di daerah pemilihan.

"Ini dilakukan Partai Golkar dan para kader untuk memenangkan Pilkada 2020 yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari Ilmu Komuniksi Politik," kata dia.

Emrus menyebut Golkar bisa menjadi contoh dalam kontestasi politik. Khususnya sebagai model dalam kontestasi pemilu yang akan datang.

"Dan tidak berlebihan jika menjadi rujukan bagi partai lain di Indonesia," kata Emrus. (dil/jpnn)

Kemenangan Golkar di 165 pilkada tahun ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah kemahiran Ketua Umum Airlangga Hartarto


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News