Hadiri Rakernas BEM SI, Laksamana Yudo Gelorakan Semangat Bergotong Royong

Hadiri Rakernas BEM SI, Laksamana Yudo Gelorakan Semangat Bergotong Royong
KSAL Laksamana Yudo Margono saat acara RAkernas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) XIV bertema ‘Semangat Gotong Royong Anak Muda Dalam Kebangsaan’ di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (27/9). Foto: Dispenal

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengajak generasi muda untuk memacu semangat mewujudkan Indonesia maju melalui semangat bergotong royong dalam naungan satu semangat kebangsaan.

Hal tersebut disampaikannya KSAL saat menyampaikan Opening Speech pada Rapat Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) XIV bertema “Semangat Gotong Royong Anak Muda Dalam Kebangsaan” bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (27/9).

Laksamana Yudo di hadapan peserta terdiri dari 180 Universitas seluruh Indonesia itu merespons tema gotong royong yang diangkat dalam Rakernas kali ini.

Menurut Yudo, tema tersebut sangat tepat digaungkan di tengah situasi bangsa saat ini. Gotong royong memiliki makna yang dalam dan telah menjadi identitas bangsa Indonesia sejak dahulu.

Gotong royong juga telah menjadi tradisi masyarakat maritim di Indonesia sejak lama, khususnya bagi masyarakat pesisir yang hidup dekat dengan laut.

“Kapal atau perahu yang dibangun di daratan akan ditarik atau digotong ke laut secara bersama-sama oleh seluruh warga. Semangat kebersamaan seperti inilah yang perlu kita jaga dan lestarikan sebagai bangsa Indonesia,” ujar Laksamana Yudo.

Lebih lanjut, Laksamana Yudo mengatakan pemuda memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan sebuah bangsa. Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, ke depan akan menghadapi situasi dan tantangan yang makin berat dan sulit.

Menurut Yudo, perubahan lingkungan yang cepat dan tak menentu menuntut sekaligus menguji ketahanan Indonesia sebagai bangsa. Pandemi Covid-19 adalah tantangan nyata yang sedang dihadapi saat ini.

Laksamana Yudo di hadapan peserta Rakernas BEM SI dari 180 Universitas seluruh Indonesia itu menggelorakan semangat bergotong royong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News