Hadiri Sidang Paripurna, Wagub Mawardi Yahya Dengarkan Pandangan Fraksi Soal 4 Raperda

Hadiri Sidang Paripurna, Wagub Mawardi Yahya Dengarkan Pandangan Fraksi Soal 4 Raperda
Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (kiri) saat menghadiri sidang paripurna yang digelar DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda pandangan umum fraksi terhadap 4 raperda usulan pemprov, Senin (13/2). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar sidang paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi terhadap empat rancangan peraturan daerah (raperda), Senin (13/2).

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya didampingi Sekdaprov SA Supriono turut hadir menyimak pandangan umum 9 fraksi di DPRD terhadap empat raperda tersebut.

Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramadan yang memimpin sidang paripurna tersebut menyampaikan pandangan fraksi dibutuhkan sebagai masukan terhadap empat raperda usulan Pemprov Sumsel yang telah disampaikan Gubernur Herman Deru.

"Sebelum menjadi perda, kami sangat butuh masukan dan pandangan dari fraksi-fraksi DPRD," kata Giri.

Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan Dedi Sipriyanto menyampaikan ke-4 raperda yang diajukan memang sangat dibutuhkan, terutama Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah 2023-2043.

"Kami berharap raperda ini bisa menjadi acuan dalam upaya pengelolaan tata ruang wilayah yang baik sehingga tidak terjadi lagi persoalan yang mengakibatkan insiden buruk dalam pengelolaan RTRW di Sumsel,” ujar Dedi menyampaikan pandangan fraksinya.

Sementara itu, juru bicara Fraksi Gerindra Maliono menilai Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sangat penting dalam memaksimalkan pemasukan bagi keuangan daerah.

Hal itu, lanjut dia, termasuk yang ada di tingkat kabupaten atau kota diharapkannya untuk lebih pro aktif dan berkontribusi dalam menopang pemasukan daerah.

"Raperda ini akan lebih efisien dengan melibatkan kabupaten/kota yang sama-sama mempunyai kepentingan dalam PAD yang efisien dan akuntabel," tegasnya.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui jubirnya Antoni Yuzar menegaskan mendukung penuh Raperda Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Raperda ini dapat memberikan pedoman dan arahan kepada pemerintah daerah menjalankan fungsinya dalam pemeliharaan lingkungan hidup," kata Antoni.

Fraksi PKB berharap Pemprov Sumsel dapat memiliki stategi yang jelas untuk melindungi kelestarian lingkungan. (mrk/jpnn)

Wagub Mawardi Yahya menghadiri sidang paripurna yang digelar DPRD Sumsel untuk menyimak pandangan fraksi terhadap 4 raperda usulan pemprov


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News