JPNN.com

Hainan Baru

Oleh Dahlan Iskan

Kamis, 16 Juli 2020 – 10:00 WIB
Hainan Baru - JPNN.com
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Salah satu jadwal saya yang tertunda akibat Covid-19 adalah Hainan. Itu sebuah pulau di seberang Vietnam bagian utara.

Itulah ''Hawaii-nya Tiongkok.'' Itulah pulau yang disiapkan untuk melebihi Singapura dan Hong Kong. Termasuk di bidang tourism dan pengobatan.

Pulau Hainan adalah sebuah provinsi mandiri. Untuk persaingan itu seluruh pulau sudah ditetapkan sebagai zona perdagangan bebas.

Baca Juga:

Baru di Hainan inilah terjadi: satu provinsi penuh sebagai zona perdagangan bebas. Besarnya pulau Hainan itu 7 kali Pulau Bali. Atau 40 kali pulau Singapura. Atau 400 kali pulau Hong Kong.

Masih begitu banyak kawasan kosong di pulau itu. Untuk bidang kedokteran saja telah ditetapkan satu kawasan tersendiri.

Sudah berdiri 12 rumah sakit baru yang serba-modern. Satu penyakit satu rumah sakit besar. Dengan lingkungan yang dibuat damai. Di dalamnya dan di luarnya.

Semua pusat studi sub-bidang kedokteran juga ada di kawasan itu. Termasuk fakultas-fakultas kedokteran yang berafiliasi dengan rumah sakit di banyak negara maju.

Tiongkok memang gelisah akan besaran angka penduduknya yang berobat ke luar negeri. Misalnya ke Jepang untuk penyakit dalam. Ke Amerika untuk jantung. Ke Korea Selatan untuk kecantikan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara