Hungaria vs Inggris 0-4, Bintang The Three Lions Jadi Sasaran Rasisme

Hungaria vs Inggris 0-4, Bintang The Three Lions Jadi Sasaran Rasisme
Pemain timnas Inggris melakukan selebrasi usai mencetak gol melawan Hungaria dalam lanjutan fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022. Foto: Twitter @England

jpnn.com, BUDAPEST - Inggris meraih hasil memuaskan dalam laga keempat Fase Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Hungaria di Stadion Ferenc Puskas, Jumat (3/9) dini hari WIB.

Pasukan Gareth Southgate unggul 4-0 atas Hungaria dengan gol yang diciptakan Raheem Sterling pada menit 55', Harry Kane (63'), Harry Maguire (69'), dan Declan Rice (87').

Pada pertandingan tersebut, Sterling dan Jude Bellingham mendapat perlakuan rasisme dari penggemar Hungaria.

Sebelumnya, fan Hungaria sudah melakukan diskrimatif serupa sepanjang EURO 2020 sehingga UEFA memberi sanksi berupa laga yang digelar secara tertutup tanpa penonton.

Meski begitu, pertandingan Inggris kontra Hungaria ini berada di bawah yuridiksi FIFA sehingga pendukung tetap bisa memadati stadion dengan kapasitas lebih dari 60 ribu penonton.

Sebelum pertandingan, para pemain Inggris berlutut sebagai bentuk solidaritas dalam memerangi rasisme dan sikap itu disambut dengan ejekan keras.

Manajer Inggris Gareth Southgate mengecam nyanyian rasialisme yang menggema dari tribune penonton.

“Semua orang tahu apa yang kami perjuangkan sebagai sebuah tim dan itu (rasisme, red) sama sekali tidak dapat diterima," kata Southgate usai pertandingan seperti yang dikutip dari ESPN, Jumat (3/9).

Kemengan Telak Inggris atas Hungaria diwarnai aksi rasisme dari pendukung tuan rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News