Haji Rhoma Sudah Kembali, Airlangga Terbukti Bawa Golkar ke Arah yang Benar

Haji Rhoma Sudah Kembali, Airlangga Terbukti Bawa Golkar ke Arah yang Benar
Rhoma Irama dalam konser 50 Tahun Soneta. Foto: RCTI+

jpnn.com, JAKARTA - Bergabungnya Rhoma Irama ke Partai Golkar kembali menyedot perhatian publik. Partai Golkar dinilai sebagai institusi politik yang paling modern, demokratis dan akomodatif saat ini.
 
Masuknya Rhoma ke Partai Golkar ini ditanggapi positif oleh pengamat politik Fajar Arif Budiman. Direktur Eksekutif Poldata Indonesia ini menilai, ada dua faktor yang mempengaruhi tokoh budayawan berpengaruh Rhoma Irama kembali ke partai berlambang pohon beringin ini.

Pertama, sebagai tokoh seni, tokoh agama, selebritis, dan tentunya pemimpin politik yang telah mengalami dinamika sosial dari masa ke masa, Rhoma Irama memahami bahwa Partai Golkar semakin modern, demokratis dan terbuka.

Bahkan menurut Fajar, Partai Golkar saat ini bisa dianggap sebagai institusi politik yang paling efisien dalam menjalankan kerja dan komunikasi politik, mengelola konflik internal, serta regenerasi dari pusat sampai daerah.

“Kembalinya Bang Rhoma setelah berpetualang dalam politik, termasuk mendirikan partai politik Idaman, bagi saya merupakan keputusan yang rasional, mengingat kesempatan Bang Rhoma berkiprah kembali dalam politik formal menjadi lebih terbuka kembali melalui Partai Golkar", ujar pakar politik dan kebijakan publik alumni Universitas Padjajaran ini, Rabu (27/4).
 
Menurut Fajar, terdapat faktor kedua, yakni peran Airlangga sebagai ketua umum yang berhasil mengeluarkan Partai Golkar dari krisis internal.

Kini partai yang pernah mendominasi politik Indonesia selama tiga dekade itu secara perlahan mulai bangkit kembali sebagai salah satu motor utama pemerintahan. 

Kepemimpinan, kinerja dan model komunikasi politik Airlangga adalah kunci sosok seperti Bang Rhoma akan bergabung ke Partai Golkar.

 “Harus diakui penggemar dan simpatisan Bang Haji Rhoma Irama sangat banyak dan lintas generasi. Bergabungnya beliau memberikan dampak bagi Partai Golkar. Ini langkah strategis Airlangga, sekaligus menurut saya akan lebih banyak tokoh publik dan bahkan anak-anak muda bersemangat masuk politik melalui Partai Golkar,” ujar Fajar.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan kegembiraannya atas kembalinya Rhoma Irama ke pangkuan Partai Golkar.

Sosok Airlangga Hartarto bagaikan magnet yang menarik tokoh-tokoh nasional untuk bergabung dengan Golkar. Raja Dangdut Rhoma Irama salah satu yang sudah digaet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News