Hakim MK Shock dengan Isu Suap

Mulai Sering Dimarahi Istri dan Diperingatkan Anak

Hakim MK Shock dengan Isu Suap
Hakim MK Shock dengan Isu Suap
JAKARTA - Isu suap yang dihembuskan advokat Refly Harun benar-benar mengguncang psikologi para pejabat Mahkamah Konstitusi (MK). Hakim konstitusi Akil Mochtar mengakui, sejak isu itu merebak, dirinya menjadi sasaran "interogasi" keluarga. Antarhakim konstitusi pun mengalami perasaan tidak enak satu sama lain.

"Secara psikologis kan jadi tidak enak. Tidak enak sesama rekan hakim, juga sama keluarga. Mereka pada tanya ke saya apa benar itu semua," kata Akil Mochtar di gedung MK kemarin (11/11).

Bahkan, kata Akil, istrinya sampai meminta dirinya untuk langsung pulang begitu sidang berakhir. Hal itu agar Akil tak pulang terlalu malam hingga terbujuk rayuan untuk bertemu pihak berperkara di luar gedung MK. "Kalau sudah selesai sidang, pulang saja lah. Nanti singgah di sana singgah di sini, malah dikira ngatur-ngatur perkara," katanya menirukan pernyataan sang istri.

Bahkan, anak Akil yang masih kuliah juga ikut mengingatkan. Dia sampai menelepon dan mewanti-wanti Akil agar tidak bermain perkara. "Awas lho Yah jangan korupsi. Nanti bagaimana pertanggungjawabannya di akhirat," katanya menirukan peringatan sang anak. Hal-hal seperti itu, kata Akil, cukup mengganggu. Paling tidak, kata dia, perasaan dirinya sebagai hakim konstitusi tidak tenang. Sebab, persepsi masyarakat terhadap MK akan berubah dengan isu suap itu.

JAKARTA - Isu suap yang dihembuskan advokat Refly Harun benar-benar mengguncang psikologi para pejabat Mahkamah Konstitusi (MK). Hakim konstitusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News