Hakim Nakal Terus Meningkat

Hakim Nakal Terus Meningkat
Hakim Nakal Terus Meningkat
MEDAN - Hanya jangka waktu lima bulan,  terhitung Januari hingga Mei 2013,  Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia sudah menerima 40 laporan terkait hakim nakal. Jumlah tersebut hampir mendekati jumlah laporan yang diterima KY tahun 2012 dengan total 57 laporan. 

Menurut Asep Rahmat Fajar SH, MA juru bicara KY saat menjadi narasumber pelatihan penguatan pola komunikasi lembaga Negara dengan media massa bekerjasama antara JPIP dan USAID di Medan, beberapa hari yang lalu, pada Tahun 2012 total laporan terkait hakim nakal ke KY berjumlah 1520 laporan dari seluruh Indonesia. Sedangkan 5 bulan pertama di tahun 2013 sudah mencapai 879 laporan.

Tak pelak diperkirakan di tahun 2013 diprediksi terjadi peningkatan terhadap laporan. Sementara itu, lanjut Asep dari jumlah tersebut hanya 161 hakim yang diperiksa.

“Di Sumatera pada tahun 2012 yang tiga besar yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat dengan 131 laporan. Sedangkan di lima bulan pertama di tahun 2013 KY sudah menerima 76 laporan terhadap hakim di Sumut. Jadi trennya naik. Untuk tingkat nasional tahun ini Sumut masuk tiga besar setelah Jakarta, Jawa Timur."Padahal tahun 2012 Sumut masuk lima besar,”ujar Asep menambahkan.

MEDAN - Hanya jangka waktu lima bulan,  terhitung Januari hingga Mei 2013,  Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia sudah menerima 40 laporan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News