ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur

Hamdalah, Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games

Hamdalah, Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games
Indonesia memastikan jadi juara umum ASEAN Para Games IX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Foto: humas kemepora

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Indonesia berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games IX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia meski persaingan masih tersisa satu hari.

Kepastian itu didapat setelah hitung-hitungan selisih emas dengan para pesaing memastikan koleksi emas Indonesia tak akan terkejar lagi oleh negara lain.

Sejauh ini, Indonesia telah mengoleksi 115 medali emas, 70 Perak dan 46 Perunggu. Di posisi kedua, ada Malaysia yang menjadi pesaing terkuat dengan 89 Emas 82 Perak dan 75 Perunggu.

Dengan sisa 19 emas diperebutkan pada hari terakhir APG, maka bisa dipastikan tak akan memengaruhi raihan Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengapresiasi capaian Kontingen ASEAN Para Games Indonesia yang sejak hari pertama event digulirkan telah memimpin perolehan medali.

“Alhamdulillahhh…Indonesia Juara, kita berhasil mencapai misi utama kita dalam ASEAN Para Games 2017 ini dengan merebut kembali tahta sebagai juara umum. Kemenangan ini bagi saya seperti menebus sekaligus mengobati kegagalan kita dalam SEA Games lalu.

"Mentalitas sebagai pemenang sesungguhnya telah ada dalam diri mereka saat mereka berjuang mengalahkan keterbatasan, menolak menyerah, memilih menjadi dan menjadi pahlawan olahraga bagi Indonesia. Saya salut dan bangga dengan kemenangan yang sepenuhnya di raih dengan cara sportif” kata Menpora dalam pernyataan resmiylnya, Jumat (22/9) malam.

Selain menyampaikan rasa bangganya, Menpora juga menyebut sejumlah situasi positif yang berlangsung selama pelatihan yang membuat atlet tetap terjaga fokus dan konsentrasinya dalam bertanding. Diantaranya soal adanya pemusatan latihan di satu tempat sehingga memudahkan koordinasi yang dilakukan.

Indonesia berhasil menjadi juara umum ASEAN Para Games IX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia meski persaingan masih tersisa satu hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News