Hamdalah, Nyak Sandang Bisa Melihat Lagi

Hamdalah, Nyak Sandang Bisa Melihat Lagi
Nyak Sandang usai menjalani operasi katarak di RSPAD Gatot Subroto, Rabu (28/3). Foto: Reyn Gloria/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim medis RSPAD Gatot Subroto pada Rabu ini (28/3) telah menyelesaikan operasi katarak di mata Nyak Sandang, salah satu penyumbang dana pembelian pesawat pertama untuk Pemerintah Indonesia. Mata kiri pria sepuh asal Nangroe Aceh Darussalam itu pun sudah berfungsi lagi.

Sebagaimana pemberitaan JawaPos.com, Nyak Sandang dibawa keluar dari ruang operasi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat pukul 09.25 WIB. Dengan wajah semringah, pria 91 tahun itu terus mengucap alhamdullilah.

“Ini karena kebesaranAllah. Kalau bukan jalannya yang dititipkan oleh Pak Presiden, ayah belum pasti mengalami pengobatan katarak ini. Operasi berhasil,” tutur putra Nyak Sandang, Maturidi yang mendampingi selama proses operasi.

Menurutnya, proses operasi cukup menegangkan. Maturidi tak kuasa menahan haru saat Nyak Sandang keluar dari ruang operasi dengan kursi roda.

Bahkan, Maturidi sempat tak percaya ketika Nyak Sandang bisa melihat lagi. Terlebih, Nyak Sandang dengan sudah bisa membaca Alquran lagi.

“Proses yang luar biasa saya pikir, kami berangkat dari ruangan inap ini jam 8.00 WIB, lalu masuk ruang operasi setengah jam kemudian. Berakhir sukses, ayah bisa baca Alquran sekarang,” tutur Maturidi dengan mata berkaca-kaca.

Operasi Nyak Sandang dipimpin anggota tim dokter kepresidenan, dr. Tjahjono Gondhowiardjo, SpM (K), PhD. Ada 11 dokter yang tergabung dalam proses operasi itu.

Menurut dr Tjahjono, kemampuan mata Nyak Sandang untuk melihat sudah lebih baik. “Operasinya berjalan lancar. Sebelum operasi, jarak pandang pasien sekitar 20 senti, pascaoperasi penglihatan pasien sudah mencapai satu meter," tutur dr. Tjahjono.

Nyak Sandang yang dikenal sebagai penyumbang pembelian pesawat pertama untuk pemerintah RI telah menjalani operasi katarak di RSPAD Gatot Subroto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News