Hamdalah, Warga DKI Bisa Mengedepankan Adab di Pilkada

Hamdalah, Warga DKI Bisa Mengedepankan Adab di Pilkada
Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Priyo Budi Santoso. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Priyo Budi Santoso menagpresiasi lancarnya pelaksanaan pilkada DKI, Rabu (15/2) beserta kedewasaan para pasangan calon yang bersaing. Priyo mengatakan, kontestan pilkada DKI telah menjalankan hal yang seharusnya dilakukan calon pemimpin dalam berdemokrasi.

"Alhamdulillah pilkada berjalan lancar, tidak menampilkan hal-hal yang tidak diinginkan. ICMI mengapresiasi pilkada dan semua peserta pemilu yang berdemokrasi secara santun,” kata Priyo dalam diskusi 'Dialektika ICMI' di Euro Management, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/2).

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, masyarakat DKI telah membuktikan diri mampu mengedepankan adab dalam berpolitik. Buktinya, pencoblosan pilkada dan penghitungan berlangsung lancar dan damai.

“Masyarakat terbukti dapat mengedepankan adab. Meskipun ada black campaign, kami anggap dinamika kecil dan bumbu. Secara keseluruhan para paslon menunjukan sifat toleran yang tinggi," katanya.

Priyo menambahkan, pilkada DKI Jakarta menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk membuat suasana damai dan sejuk meski banyak isu-isu negatif yang terjadi. Bahkan tiga kontestan di pilkada DKI aktif meredam isu suku, agama, ras dan antar-golongan (SARA) secara santun.

"Sikap kesatria dari pasangan yang bertanding ikut membantu damainya jalannya pemilihan itu. Isu SARA, kampanye hitam, dan lain-lain seketika bisa diredam dengan sikap yang santun oleh para paslon yang berkompetisi kemarin," tuturnya.

Dalam diskusi itu Priyo juga memuji sikap Agus Harimurti Yudhoyoni yang legowo menerima kekalahan. Mantan wakil ketua DPR itu bahkan sudah berbicara dengan Agus melalui sambungan telepon.

"Saya ditelepon Agus semalam dan saya anggap itu adalah tanda keberadaban demokrasi. Kalau anda kalah, anda tidak harus menunggu hasil resmi. Satu sikap kesatria yang menunjukkan siap menang dan siap kalah," pungkasnya.(mg5/JPNN)


Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Priyo Budi Santoso menagpresiasi lancarnya pelaksanaan pilkada DKI, Rabu (15/2) beserta


Redaktur & Reporter : Fandi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News