Hamilton di Atas Angin

Pimpin Sesi Latihan Hari Pertama GP Hungaroring

Hamilton di Atas Angin
Pembalap McLaren-Mercedes Lewis Hamilton. Foto: AFP
BUDAPEST – Sesi latihan Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring Jumat (1/8) berlangsung seru. Ferrari menguasai sesi pertama (pagi) dengan Felipe Massa dan Kimi Raikkonen berada di posisi 1-2. Disusul pasangan McLaren-Mercedes, Heikki Kovalainen dan Lewis Hamilton, di posisi berikutnya. Tapi, hasil sebaliknya terjadi di sesi kedua (siang).

Hamilton, yang mengejar kemenangan ketiga beruntun (hat-trick) setelah di Inggris dan Jerman, menunjukkan motivasi berlipatnya. Sesi kedua berlangsung tujuh menit, Hemilton langsung menjadi yang tercepat. Bersama Kovalainen yang tampil dengan sayap hidung bertanduk (nose horn wing), McLaren terlihat dominan. Duo McLaren itu mendapat perlawanan dari pembalap Renault Nelson Piquet Jr.

Setelah bersaing habis-habisan, Hamilton tetap berada di depan dengan catatan waktu 1 menit 20,554 detik. Dia dibayangi Piquet dengan 1 menit 20,748 detik sekalipun sempat spin di tikungan 1 saat mencatat waktu tersebut. Kovalainen harus puas di posisi ketiga diikuti pembalap Renault lainnya, Fernando Alonso.

Pasangan Ferrari? Massa berada di urutan kelima disusul Raikkonen di urutan keenam. Belum diketahui penyebab pasti kurang improve-nya mobil Kuda Jingkrak di sesi kedua. Bisa jadi, sirip hiu yang dipakai Ferrari belum bekerja maksimal mengingat baru dijajal di Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu.

Hasil yang dicatat Hamilton jelas menjadi modal besar pembalap Inggris itu dalam lomba Minggu (3/8) nanti. Apalagi Hamilton adalah juara bertahan di Hungaroring. Sayap hidung bertanduk pun terlihat tidak mengalami masalah berarti. ”Situasi tim kami sangat kondusif saat ini,” kata Kovalainen kepada Crash.

Pembalap Finlandia yang dolaporkan akan tetap bertahan hingga 2009 itu menambahkan jika kans timnya, khususnya Hamilton, menjadi yang tercepat saat balapan makin besar. Tapi, dia menolak jika akan memberikan bantuan dalam lomba nanti. ”Saya pikir Lewis tidak butuh bantuan dan dia bisa melakukannya sendiri tanpa harus dibantu,” tambahnya.

Sesi latihan sempat diwarnai kecelakaan yang menimpa pembalap Williams Kazuki Nakajima. Saat menjalani lap terakhir, mobil Nakajima kehilangan kontrol dan menabrak dinding pengaman. Meski begitu, dia masih bisa mengemudikan mobilnya kembali ke pit.

Sementara nasib sial dialami Sebastian Vettel. Pembalap Toro Rosso itu mengalami masalah pada hidrolik di kedua sesi yang membuatnya berada di urutan buncit. Di sesi awal, dia hanya bisa melahap empat lap. Di sesi kedua, hanya lima lap. Uniknya, keduanya terjadi di tempat yang sama. (dns/ang)
Berita Selanjutnya:
Boghossian Asisten Domenech

BUDAPEST – Sesi latihan Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring Jumat (1/8) berlangsung seru. Ferrari menguasai sesi pertama (pagi) dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News