Hampir 6 Jam Jakarta Terendam, Anies Baswedan: Itulah Manajemen Banjir

Hampir 6 Jam Jakarta Terendam, Anies Baswedan: Itulah Manajemen Banjir
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak khawatir melihat banyak area ibu kota terendam banjir. Dia justru merasa berhasil. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa berhasil menangani banjir, meski banyak area ibu kota yang tergenang air dalam beberapa hari terakhir.

Alasannya, warga Jakarta hanya kebanjiran selama sekitar enam jam.

“Saya mendengar dari Pak Wali waktu kurang dari 6 jam sesudah permukaan air sungai normal, surut semua. Itulah manajemen pengelolaan banjir,” ucap Anies di Plaza Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (11/10).

Anies mengatakan kapasitas drainase di DKI Jakarta 50 hingga 150 milimeter. Sementara itu, hujan yang terjadi beberapa hari terakhir 140 hingga 180 milimeter.

“Bahkan teman-teman pernah ingat Halim Perdana Kusuma itu bersih, rapi, dan hijau bisa terjadi genangan 40 sentimeter bukan karena gorong-gorong tersumbat, tetapi karena volume air yang turun waktu itu sampai 370 milimeter otomatis terjadi genangan,” kata dia.

Calon Presiden 2024 dari Partai NasDem ini mengaku tak khawatir dengan foto-foto genangan yang beredar. Dia justru khawatir bila manajemen penanganan banjir tidak benar.

Anies Baswedan justru meminta masyarakat agar tak membandingkan Jakarta dengan kota lainnya di Indonesia.

“Jadi, anda salah bandingkan Jakarta dengan kota-kota lain. Ketika terjadi hujan berapa lama surut di situ lah manajemen. Kalau jumlah hujannya itu di luar kuasa manusia,“ tuturnya. (mcr4/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa berhasil meski banyak area ibu kota terendam banjir. Kok bisa begitu?


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News