HAN 2023, Danone Specialized Nutrition Ajak Anak Jadi Generasi Pemenang

HAN 2023, Danone Specialized Nutrition Ajak Anak Jadi Generasi Pemenang
Danone Specialized Nutrition Indonesia mengadakan webinar Bicara Gizi yang bertema Bekali Anak Indonesia Jadi Pemenang dengan Imunitas dan Stimulasi. Foto: Dok Danone

jpnn.com, JAKARTA - Program for International Student Assessment (PISA) 2018 mencatat bahwa skor kognitif anak Indonesia menempati peringkat 74 untuk kemampuan membaca, urutan ke 73 untuk matematika, dan urutan ke 71 untuk sains dari 79 negara.

Di sisi lain, nutrisi merupakan salah satu penyumbang besar tumbuh kembang anak.

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua memberikan asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat serta menjaga imunitasnya sebagai pondasi yang kuat untuk perkembangan kognitif anak.

Pada peringatan Hari Anak Nasional 2023, Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak, Danone Specialized Nutrition Indonesia mengadakan webinar Bicara Gizi yang bertema Bekali Anak Indonesia Jadi Pemenang dengan Imunitas dan Stimulasi.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi, dr. Molly Dumakuri Oktarina, SpA(K) mengatakan sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh saluran pencernaan dan sistem imunitas.

Pada masa pertumbuhan, anak lebih rentan terkena berbagai infeksi, salah satunya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang menjadi salah satu dari 10 penyakit yang tertinggi di Indonesia, dengan prevalensi pada anak Indonesia sebesar 12,8 persen berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018.

Dia memaparkan bahwa gangguan pada imunitas anak seperti demam, batuk, pilek (ISPA) dapat berefek panjang hingga dapat mengganggu tumbuh kembang anak. 

Oleh karena itu, dr. Molly mengingatkan bahwa asupan nutrisi yang baik dan seimbang selama 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah pondasi yang kuat untuk perkembangan kognitif, motorik, dan sosio-emosional anak hingga dewasa kelak.

Danone Specialized Nutrition Indonesia mengadakan webinar Bicara Gizi yang bertema Bekali Anak Indonesia Jadi Pemenang dengan Imunitas dan Stimulasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News