HANTURA 2021, BPN Tanam 5.000 Bibit Pohon di Kawasan Puncak

HANTURA 2021, BPN Tanam 5.000 Bibit Pohon di Kawasan Puncak
Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN Surya Tjandra dalam kegiatan tanam pohon di kawasan Puncak. Foto: ATR BPN

jpnn.com, JAKARTA - Penyelenggaraan Puncak Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTURA) 2021 digelar di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Senin (8/11).

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan penanaman 5.000 bibit pohon pada empat titik di kawasan Cikoneng, Cikoneng Tekukur, Rawa Gede, dan Cisuren, serta membuat 100 sumur resapan.

Menurut Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN Surya Tjandra kegiatan ini dalam rangka implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur (Jabodetabek-Punjur).

Wamen Surya menegaskan Perpres tersebut menghasilkan adanya konsolidasi dari berbagai pihak terkait kebijakan Jabodetabek-Punjur.

"Yang jelas, ini (Perpres Jabodetabek-Punjur, red) butuh kerja sama lintas sektor sangat krusial. Koordinasi ini ada pada Menteri ATR/Kepala BPN dan Gubernur. Tahap berikutnya kita ajak kolaborasi bareng-bareng pihak provinsi untuk jadi kesepakatan bersama," ujar Wamen Surya.

Hal yang sama juga diutarakan Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Budi Situmorang.

"Kita sudah sepakat hingga tahun 2024, Kementerian ATR/BPN mengambil kepemimpinan untuk menyelamatkan kawasan Puncak (termasuk dalam program Jabodetabek-Punjur –red)," kata Budi.

Bupati Bogor Ade Yasin Berharap makin berkembangnya kawasan Puncak sehingga beberapa kawasan yang ada saat ini harus benar-benar dijaga.

BPN melakukan penanaman 5.000 bibit pohon pada empat titik di kawasan Cikoneng, Cikoneng Tekukur, Rawa Gede, dan Cisuren, serta membuat 100 sumur resapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News