Hanya Butuh 2,5 Juta Suara untuk Menangkan Pilgub

Hanya Butuh 2,5 Juta Suara untuk Menangkan Pilgub
Hanya Butuh 2,5 Juta Suara untuk Menangkan Pilgub
MAKASSAR - Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) pilgub Sulsel sebesar 6,2 juta yang telah ditetapkan, hanya meningkat sekitar 900 ribu orang jika dibandingkan dengan DPT pilgub 2007 yang hanya 5,3 juta jiwa.

Sekiranya 6,2 juta pemilih pada DPS pilgub 2013 tidak jauh berbeda dengan DPT-nya nanti, dengan asumsi partisipasi pemilih Sulsel di angka 80 persen atau 4,9 juta suara sah saja, maka kandidat butuh 2,5 juta suara (50% dari suara sah) untuk memastikan kemenangan di tangan.

Berkaca pada pilgub 2007 lalu, pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu"mang (Sayang) hanya membekukan suara 1,4 juta untuk bisa memenangkan pertarungan, dari 5,3 juta jiwa daftar pemilih. Daftar pemilih sementara yang telah ditetapkan KPU Sulsel ini dipastikan tidak akan mengalami banyak perubahan. Kalau pun ada pemilih tambahan, jumlahnya tidak signifikan atau paling besar hingga 200 ribu jiwa.

"DPS ini memang tidak akan banyak lagi perubahan. Namun kita belum tahu apakah berkurang atau bertambah lagi. Tapi kemungkinan bisa bertambah dari pemilih tambahan kendati angkanya tidak besar lagi," kata Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas, seperti diberitakan Fajar Online (Grup JPNN).

MAKASSAR - Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) pilgub Sulsel sebesar 6,2 juta yang telah ditetapkan, hanya meningkat sekitar 900 ribu orang jika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News