Hanya Tiga Menteri dari Parpol yang Dianggap Berhasil

Hanya Tiga Menteri dari Parpol yang Dianggap Berhasil
Hanya Tiga Menteri dari Parpol yang Dianggap Berhasil

jpnn.com - JAKARTA- Dalam Kabinet Indonesia Bersatu II terdapat 17 orang menteri yang berasal dari partai politik. Para menteri ini disoroti karena dianggap belum maksimal bekerja untuk masyarakat. Penilaian kinerja ini terdapat dalam survei Pol-Tracking Institute dalam memperingati 4 tahun masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono.

Dari survei terhadap 2010 responden di 33 provinsi, disebut hanya tiga menteri yang dinilai memiliki kinerja cukup baik dengan presentase cukup tinggi. Di antaranya Menteri Agama Suryadharma Ali dengan tingkat kepuasan masyarakat sebanyak 30,86 persen. Disusul Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa sebanyak 23,01 persen dan Menpora Roy Suryo sebanyak 21,63 persen.

"Dari temuan kami, tiga menteri itu dianaggap relatif baik kinerjanya dibanding menteri-menteri lainnya," ujar Direktur Pol-Tracking Institute Arya Budi di Jakarta, Minggu, (20/10).

Suryadharma Ali dianggap memiliki kinerja baik meski aksi intoleransi masih menjamur di Indonesia. Menjawab itu, Arya menyatakan jenis survei yang dilakukan pihaknya hanya berupa tingkat kepuasan semata, tanpa indikator khusus. Oleh karena itu, responden hanya menunjukkan rasa puas dan tidak puas tanpa indikator masalah konflik agama di Indonesia.

"Ini kita survei hanya keseluruhan, karena tanpa indikator khusus, maka hanya dijawab puas, tidak puas, maupun tidaka tahu," paparnya.

Adapun presentase penilaian masyarakat pada kinerja menteri parpol lainnya berbeda-beda. Masyarakat yang puas dengan kinerja Tifatul Sembiring sebagai Menteri Komunikasi dan IT sebesar 19,9 persen.

Selanjutnya, masyarakat yang puas dengan kerja Menko Kesra, Agung Laksono mencapai 17,2 persen. Disusul,  presentase masyarakat yang puas dengan EE Mangindaan, sebagai Menteri Perhubungan sebesar 17,1 persen, Salim Segaf Al-Jufrie sebagai Mensos sebesar 17,6 persen, dan  Suswono, sebagai Menteri Pertanian sebesar 17,3 persen.

Berikutnya, Muhaimin Iskandar sebagai Menakertrans sebesar 15,8 persen, dilanjutkan Syarief Hasan sebagai Menteri UKM sebesar 14,9 persen.

JAKARTA- Dalam Kabinet Indonesia Bersatu II terdapat 17 orang menteri yang berasal dari partai politik. Para menteri ini disoroti karena dianggap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News