Haornas 2020: Memajukan Dunia Olahraga dengan Memanfaatkan Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry

Haornas 2020: Memajukan Dunia Olahraga dengan Memanfaatkan Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry
Salah satu tampilan panggung Haornas yagn dibuat secara virtual. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 akan diperingati secara seremonial Rabu (9/9) malam nanti. Beda dengan tahun sebelumnya, Haornas kali ini akan dirayakan secara virtual, dan mengusung tema "Sport Science, Sport Tourism, Sport Industry." Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan ambil bagian dalam ajang ini.

Menpora Zainudin Amali menjelaskan bahwa tiga tema besar yang diusung pada Haornas ke-37 bisa menjadi sarana untuk memajukan olahraga Indonesia ke level lebih tinggi jika dikerjakan dengan maksimal. Oleh sebab itu, penerapan sport science, memasifkan sport tourism, dan membesarkan sport industry sangat penting di masa depan.

"Melaui Haornas ke-37 tahun 2020 ini kita jadikan momentum untuk mendorong tiga tema ini (sport science, sport tourism dan sport industry) jika paket-paket olahraga ini di kemas dengan baik dan diinformasikan ke mancanegara pasti nilai jualnya akan banyak," katanya, dilansir situs Kemenpora.go.id

Sport science akan bermanfaat untuk meningkatkan olahraga Indonesia. Olahraga didampingi sport science akan jadi lebih terukur sehingga semua hal dapat dipersiapkan dengan baik. Persiapan baik ujungnya adalah prestasi tertinggi. Kemenpora akan mendorong kegiatan sport science melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi.

"Jika saat ini kita tanpa didampingi sport science maka prestasi olahraga juga akan begini-begini saja, dengan pendampingan sport science akan ada ukuran-ukuran pasti misalnya sebagai atlet kemampuannya mengirup oksigen dalam waktu tertentu, kemudian speednya, powernya, nutrisi, pendampingan psikolog dan sebagainya," ujarnya.

Untuk sport tourism berkaitan dengan peningkatan pemasukan negara melalui devisa yang berasal olahraga dalam negeri. Ketika olahraga di Indonesia menjadi sebuah tontonan yang menarik maka itu akan mengundang para wisatawan lokal maupun asing untuk datang. Para wisatawan itu diharapkan juga akan menikmati pariwisata Indonesia lainnya sehigga pemasukan negara pun bertambah.

Kita memiliki kekayaan alam yang luar biasa mau olahraga apa saja sambil berwisata bisa ada laut, pantai luar biasa, pegunungan yang menantang ini semua adalah objek wisata yang potensial hanya saja belum dikelola dengan baik," ucap Zainudin Amali.

Olahraga pada era modern juga tidak dapat dipisahkan dengan industri yang bergerak di bidang jasa maupun barang. Maka dari itu, sport industry sangatlah penting pada era modern. Zainudin Amali berharap Indonesia bisa menghasilkan sendiri segala bentuk barang dan jasa yang berkaitan dengan olahraga.

Haornas 2020 dirayakan setiap 9 September. Ada tiga tema besar yang diusung oleh lembaga yang dipimpin oleh Menpora Zainudin Amali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News