Haornas Jadi Momentum Pendorong Pembangunan Lintas Sektor

Haornas Jadi Momentum Pendorong Pembangunan Lintas Sektor
Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta. Foto: kemenpora for jpnn

jpnn.com, TERNATE - Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang akan dijadikan Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai momentum pendorong pembangunan lintas sektor di Indonesia.

Hal tersebut menyusul kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 beberapa waktu lalu yang diiringi sukses prestasi dengan berada diposisi keempat klasemen akhir, sebuah pencapaian dari 50 tahun terakhir mengikuti pesta olahraga negara-negara se-Asia.

"Kami ingin masyarakat selalu tergerak dan mendukung pembangunan disemua lini kehidupan melalui pembudayaan olahraga baik anak-anak muda ataupun lanjut usia," ucap Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dalam sambutan membuka Gebyar Haornas yang merupakan rangkaian Haornas 2018 di Ternate, Jumat (7/9/2018).

Isnanta menambahkan, keberhasilan Indonesia menggelar Asian Games 2018 serta peringkat kontingen Merah-Putih pada posisi empat Asia menjadi momentum regenerasi atlet-atlet nasional menghadapi kejuaraan-kejuaraan internasional serta semakin mempromosikan kegiatan olahraga demi pembangunan karakter bangsa.

"Pada tataran masyarakat umum, Kami juga telah memecahkan rekor dunia senam poco-poco agar mendorong masyarakat tetap menyukai olahraga selain program Kementerian seperti Gala Desa ataupun Sepeda Nusantara," katanya.

Pria asal Kulon Progo itu juga mengatakan bahwa peringatan Hari Olahraga Nasional ke-35 di wilayah timur Indonesia itu sekaligus menumbuhkan semangat berolahraga di luar pulau Jawa dan menyelaraskan kebijakan Presiden Joko Widodo terkait revolusi mental.

"Peringatan Hari Olahraga Nasional pada tahun ini berlangsung di antara dua kegiatan olahraga besar di Indonesia yaitu Asian Games dan Asian Para Games 2018," katanya.

Selain sukses prestasi dengan meraih peringkat empat Asia, Isnanta mengatakan penyelenggaraan Asian Para Games pada 6-13 Oktober menjadi momentum solidaritas masyarakat terhadap para penyandang disabilitas.

Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September akan dijadikan Kemenpora sebagai momentum pendorong pembangunan lintas sektor di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News