Hapus Jejak Bush di Ruang Oval

Beri Tempat untuk Kerajinan Kontemporer Indian

Hapus Jejak Bush di Ruang Oval
Foto : REUTERS
BARACK Obama menyingkirkan lukisan pemandangan Texas dan piring Tiongkok legasi dari George W. Bush dari Oval Room. Tak lupa, siapkan permen M&M untuk pengunjung kecil.

Perubahan dekorasi Oval Room alias ruang kerja presiden Amerika Serikat (AS) di Gedung Putih selalu terjadi setiap terjadi pergantian kepresidenan. Itu pula yang terjadi di masa pemerintahan Barack Obama saat ini.

Ada dua perubahan utama dalam ruangan yang paling terkenal di Gedung Putih itu. Semuanya masih memiliki benag merah dengan keluarga, sejarah, serta kerajinan khas AS.  Yang pertama, Obama menempatkan foto gerakan sosial 1963 ketika Martin Luther King Jr menyuarakan pidatonya yang terkenal berjudul "I have a dream" di Washington. Perubahan berikutnya ada pada rak buku di sebelah kursi Obama. Barang-barang kerajinan suku Indian dan logam bersejarah telah menggantikan koleksi piring Tiongkok milik mantan Presiden George W. Bush.

Di antaranya empat kerajinan kontemporer asli Indian yang tertata rapi di dalam rak. Seluruhnya merupakan pinjaman dari Museum Nasional Indian Amerika. "Piring bukanlah gayaku," ujar Obama seperti dikutip harian Inggris The Guardian kemarin (6/1).

BARACK Obama menyingkirkan lukisan pemandangan Texas dan piring Tiongkok legasi dari George W. Bush dari Oval Room. Tak lupa, siapkan permen M&M

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News