Harapan dan Pesan Menpora Untuk Pramuka Indonesia

Harapan dan Pesan Menpora Untuk Pramuka Indonesia
Presiden Jokowi saat Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).

Dalam amanatnya, Presiden RI mengajak anggota Pramuka membuat dua gerakan nasional, yaitu gerakan kedisiplinan dan kepedulian pada masa pandemi Covid-19.

"Saya minta kepada saudara-saudara untuk membuat dua gerakan nasional. Yang pertama gerakan kedisiplinan, gerakan yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti prorokol kesehatan," kata Presiden RI.

"Kedua, gerakan kepedulian nasional, yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi. Dua gerakan tadi semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati," sambung Presiden RI.

Lebih lanjut, Presiden RI menegaskan Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh.

Tangguh dalam menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar dalam menghadapi setiap rintangan.

Selain itu, Presiden RI juga menyampaikan, Pramuka Indonesia harus selalu peduli dan siap berkorban untuk sesama. Di era pandemi Covid-19 ini, menurut Presiden RI sangat dibutuhkan jiwa dan karakter seperti itu.

"Jiwa dan karakter seperti itu lah yang kita butuhkan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya," pesan Presiden RI.

Menpora juga meminta agar keluarga besar gerakan pramuka menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pesan positif kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News