JPNN.com

Peringati Hari Pramuka di Masa Pandemi, Jokowi Serukan 2 Gerakan

Rabu, 12 Agustus 2020 – 22:22 WIB
Peringati Hari Pramuka di Masa Pandemi, Jokowi Serukan 2 Gerakan - JPNN.com
Presiden Joko Widodo memberikan amanatnya dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 melaluu konferensi video dari Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan seluruh anggota Gerakan Pramuka giat belajar, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, merawat kebinekaan, mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjadi penjaga Pancasila sejati.

Menurutnya, tantangan demi tantangan ke depan yang dihadapi Gerakan Pramuka maupun bangsa Indonesia akan makin berat dan kompleks.

Jokowi menyampaikan hal itu dalam amanatnya pada upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 melalui konferensi video dari Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8). Tema peringatan gerakan kepanduan kali ini adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Menanggulangi Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

"Penyelesaian masalah kesehatan membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyelesaian masalah perekonomian juga membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karakter disiplin dan peduli yang saudara-saudara miliki akan semakin bermakna jika didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi," kata dia.

Selain itu, Jokowi memandang jiwa dan karakter generasi tangguh Pramuka Indonesia yang disiplin dalam bertindak, tidak gentar menghadapi rintangan, selalu peduli dan siap berkorban untuk sesama sangat tepat direfleksikan dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Menurut Jokowi, jiwa dan karakter itulah yang saat ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat penanganan pandemi.

"Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya," ujarnya.

Presiden Ketujuh RI itu menambahkan, karakter dan jiwa peduli terhadap sekitar serta sadar akan kepentingan bersama juga dibutuhkan dalam situasi pandemi yang menimbulkan dampak kesehatan serta ekonomi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara