JPNN.com

Salam Pramuka! Kak Buwas Keluhkan Pendapatan Hingga Revisi UU di Hadapan Presiden Jokowi

Rabu, 12 Agustus 2020 – 22:04 WIB
Salam Pramuka! Kak Buwas Keluhkan Pendapatan Hingga Revisi UU di Hadapan Presiden Jokowi - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Kwartir Nasional Praja Muda Karana (Kwarnas Pramuka) Budi Waseso mengeluhkan keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang juga dirasakan lembaganya.

Mantan polisi yang akrab disapa dengan panggilan Buwas itu pun meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung revisi Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Buwas menyatakan hal itu saat menyampaikan laporan kepada Presiden Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).

"Harus diakui kondisi saat ini juga memengaruhi kondisi keuangan gerakan Pramuka termasuk keuangan. Kwartir Nasional selama ini memanfaatkan aset gerakan Pramuka seperti Bumi Perkemahan dan taman rekreasi Wiladatika di Cibubur, merupakan salah satu sumber pemasukan keuangan. Namun kami tetap berusaha untuk terus melanjutkan kegiatan berkesinambungan," kata dia.

Buwas juga mengungkapkan soal banyak agenda yang tertunda bahkan batal akibat pandemi Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan berakhir. Kegiatan kehidupan sehari-hari termasuk perekonomian rumah tangga atau hal lainnya menjadi terganggu pula.

"Namun, gerakan Pramuka telah bertekad untuk terus melanjutkan misinya mendidik kaum muda Indonesia agar mempunyai masa depan yang lebih cerah dengan mempunyai budi pekerti dan karakter yang luhur, sejalan dengan Pancasila sebagai asas organisasi Gerakan Pramuka," kata dia.

Buwas juga memastikan anggota gerakan Pramuka ikut membantu penanggulangan pandemi Covid-19 ini. Di antaranya melalui  implementasi kode kehormatan gerakan Pramuka berupa Dwisatya, Trisatya, Dwidarma dan Dasa Dharma Pramuka yang bagian pentingnya untuk menolong sesama.

"Tahun ini sebagai kegiatan iringan telah kami laksanakan di antaranya adalah bakti masyarakat dengan membagikan ribuan masker dan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di fasilitas publik, donor darah serta ribuan paket sembako bantuan," tutur pria yang juga dirut Bulog itu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara