Harapan Gus AMI Saat Berdialog dengan Pelaku UMKM Indramayu

Harapan Gus AMI Saat Berdialog dengan Pelaku UMKM Indramayu
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar saat berdialog dengan para pelaku UMKM di Jatibarang Indramayu, Jumat (6/11/2020). Foto: Dok. Humas PKB

jpnn.com, INDRAMAYU - Pandemi covid-19 telah meruntuhkan sendi-sendi perekonomian masyarakat di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Indramayu. Sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam dan juga gas, seharusnya Kabupaten Indramayu mampu bergerak lebih cepat untuk pulih.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar saat berdialog dengan para pelaku UMKM di Jatibarang Indramayu, Jumat (6/11/2020).

Menurut Gus AMI sapaan akrab Muhaimin Iskandar, potensi besar SDA Indramayu seharusnya mampu dikelola dengan baik sehingga mampu menyejahterakan masyarakat Indramayu.

“Sektor pertanian, perikanan, perdagangan serta UMKM adalah penyumbang PDRB besar di Indramayu. Semua harus dikelola lebih baik agar kita semua bisa segera bangkit akibat pandemi,” tegas Gus Ami.

Lebih lanjut, Gus Ami mengatakan, sebagai daerah yang mempunyai potensi besar dib idang perikanan dan kelautan, Indramayu bahkan menyumbang 40 persen total produksi ikan di Jawa Barat. Oleh karena itu, Daerah ini harus mampu melakukan inovasi-inovasi terhadap produk yang dihasilkan sektor perikanan dan kelautan tersebut.

“Kata kuncinya satu, inovasi. Produk-produk derivasi dari sektor perikanan harus mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak melalui pelibatan UMKM-UMKM,” kata Wakil Ketua DPR Bidang Kesra ini.

Gus AMI menuturkan, di tengah pandemi ini, tak ada jalan lain selain UMKM harus bangkit dan tumbuh sehingga ekonomi bisa bergerak kembali. Sebagai daerah dengan SDA yang besar, Indramayu harus mampu menciptakan sentra-sentra industri kecil dan memberi mereka akses pasar dan modal.

Sektor UMKM ini menjadi tumpuan karena secara nasioal jumlah UMKM yang mencapai 64 juta itu ternyata mampu menyerap hampir 97% dari seluruh tenaga kerja nasional.

Sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam dan juga gas, seharusnya Kabupaten Indramayu mampu bergerak lebih cepat untuk pulih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News