Harapan Presiden Jokowi untuk Kemitraan ASEAN - Selandia Baru di Pasifik

Harapan Presiden Jokowi untuk Kemitraan ASEAN - Selandia Baru di Pasifik
Presiden Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN yang digelar secara virtual, Kamis (12/11). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong adanya penguatan kemitraan ASEAN - Selandia Baru di kawasan Pasifik.

Hal itu disampaikan Presiden Ketujuh RI ini ketika mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - Selandia Baru yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11).

Di awal sambutannya, Kepala Negara mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru.

"Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas mandat baru PM Jacinda sebagai PM Selandia Baru," kata Jokowi.

Selanjutnya saat memberikan sambutan di forum itu, Presiden Jokowi mendorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu.

Terlebih, pada hari ini ASEAN – Selandia Baru merayakan 45 tahun kemitraannya. "Ke depan, saya ingin kemitraan kita dapat diperkuat terutama di beberapa isu," ucap suami Iriana itu.

Pertama, Jokowi mendorong penguatan kemitraan di Pasifik. Dia menilai hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat.

Untuk itu, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.

Penguatan kemitraan ASEAN - Selandia Baru di Pasifik utamanya di bidang perikanan dan perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News